oleh

Islam Memandang Penting Tanggung Jawab

Jakarta, TribunAsia.com – Islam adalah agama yang sangat menekankan penganutnya agar menjadi manusia bertanggungjawab, tanggung jawab dinilai sebagai elemen vital dalam menjalani kehidupan, hal itu disampaikan Khatib Jum’at di Mesjid Jami Al Hidayah Kembangan Utara, Ustadz Sudirman, Jumat (19/7).

Dalam Islam seorang hamba akan dimintai pertanggungjawaban terkait beberapa urusan, pertama masa mudanya, perlu ada kejelasan masa muda dimanfaatkan untuk apa.

“Masa muda hanya dijalani sekali, masa muda ibarat bekal menghadapi masa tua, lebih dari itu bekal di akhirat kelak” jelasnya.

Selanjutnya mengenai harta, pertanggungjawaban harta berupa asal harta tersebut, didapatkan dengan cara apa, dan digunakan kemana.

“Harta akan dimintai pertanggujawaban, jangan sampai ada harta haram yang dinafkahi kepada anak dan istri kita, peruntukannya juga mengalir kemana, harta terbaik adalah yang disedekahkan” pungkasnya.

Selain dua hal di atas, anak juga merupakan tanggung jawab yang perlu mendapat perhatian khusus, di tengah era modern banyak orang tua lalai mendidik anaknya.

“Sekarang banyak orang tua salah didikan, anak bergaul dengan orang tidak benar justru dianggap biasa saja, anak minum alkohol malah dianggap wajar, semua ini kesalahan dalam cara pandang” urainya.

Kehidupan di dunia akan tenteram bila semua urusan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, tidak akan muncul masalah yang merugikan diri sendiri, dan terpenting tanggung jawab harus ditanamkan sebagai sebuah sikap sejak dini kepada generasi pemula. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *