oleh

Hindari Jebakan Pungli di Kelurahan

Jakarta, TribunAsia.com – Pengurusan administrasi di kantor kelurahan wilayah DKI Jakarta dipastikan berlangsung tanpa pungutan biaya, semuanya dilaksanakan secara gratis, walaupun begitu oknum tidak bertanggungjawab masih terkadang melakukan pungli, warga akan diimingi pengurusan yang cepat selesai tapi harus menyetor uang dengan jumlah tertentu.

“Pada prinsipnya semua kelurahan menerapkan sistem gratis dalam pengurusan administrasi, jadi kalau ada yang minta bayaran pasti itu pungli, jangan sampai terkecoh” jelas Adi, pegawai Kantor Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan kepada TribunAsia.com, Kamis (18/7).

Walaupun demikian, pihaknya tetap merinci bahwa memang ada hal tertentu yang membutuhkan pembayaran, namun dibayarnya bukan di kantor kelurahan.

“Yang dikecualikan hanya yang berbentuk retribusi, itupun dibayarnya bukan di kantor lurah tetapi di Bank DKI” ungkapnya.

Dari sisi pelayanan, secara khusus Kantor Kelurahan Rawajati terus berupaya memaksimalkan pelayanan, bahkan pada hari Jumat pelayanan mereka lebih panjang dari hari biasanya.

“Khusus hari Jumat lebih lama dan lebih panjang, sampai setengah lima sore, setelah itu baru tutup” sebutnya.

Saat ditanyai alasannya kenapa, pria ini menjawab singkat.

“Karena waktu istirahatnya lebih panjang di hari Jumat, ada sholat Jumat” tutupnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *