oleh

Transjakarta Layani Rute ke dalam Kampus UI

Depok, TribunAsia.com – Trans Jakarta (TJ) membuka trayek Jakarta masuk ke dalam Kampus Universitas Indonesia (UI) Kota Depok, Jawa Barat. TJ dan UI meneken MoU tentang trayek baru ini, Selasa (9/7).

Disebutkan Dirut Trans Jakarta Agung Wicaksono, trayek ini mulai beroperasi tanggal 1 Agustus nanti. Ada 35 unit bus yang melayani rute Terminal Lebak Bulus via Stasiun MRT ke dalam Kampus UI dan Terminal Manggarai via Pasar Minggu. Rute ini menambah rute yg ada Shelter Kampung Sawang Jalan Layang UI, Jakarta Selatan.

banner 336x280

“Trayek baru ini yaitu, bus TJ masuk ke dalam kampus dan melingkari Outer Ring Road UI. Berikutnya juga akan dilanjutkan rute ke UI dari Kampung Rambutan via Lenteng Agung dan rute via Jalan Raya Bogor,” ujar Agung Wicaksono di Kampus UI, seperti dilaporkan TribunAsia, Selasa (9/7/2019).

Lanjut Wicaksono, layanan waktu bus per lima menit per bus. Sedangkan ongkos Rp3500 dari luar kampus. Namun bus TJ juga melayani aktivitas mahasiswa di dalam kampus secara gratis dengan lembaran karcis.

Rektor UI Muhammad Anis sangat senang dengan tawaran MoU dari TJ ini. Hal ini, lebih meningkatkan kenyamanan sivitas akademika UI dan masyarakat. TJ masuk Kampu UI diharapkannya dapar mengurangi pemakaian kendaraan pribadi masuk ke UI sehingga program Kampus Hijau semakin optimal. Dengan rute bus TJ ini pemakaian bus angkut mahasiswa dalam kampus yang dikenal sebutan ‘bus kuning’ dapat dihentikan.

“Ada 12 bus kuning dimiliki UI. Selama ini 10 beroperasi dan dua sebagai cadangan. Dengan adanya bus TJ ini maka bus ‘bus kuning’ tak usah lagi dioperasikan sehari-hari. Tapi, dapat disiagakan nanti untuk ‘sapu-jagat’ mendukung bus TJ jika sewaktu-waktu terjebak kemacetan terutama di pagi hari dimana aktivitas kampus tinggi,” jelas Anis.

Selanjutnya sebut Anis, UI akan segera memperbaharui fasilitas halte dan rekayasa lalu-lintas di dalam Kampus UI untuk mensinergikan dengan rute TJ ini. (HIR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *