oleh

Musim Panas Rentan Penyakit Ispa dan Infeksi Kulit

Bekasi, TribunAsia.com – Musim panas sangat rentan terjadi penyakit kulit dan infeksi saluran pernafasan, terutama bagi manula dan balita. “Dalam sehari ada sekitar 200 pasien datang untuk berobat dan mereka pengguna BPJS dan Kartu KIS. Kebanyakan dari mereka menderita gatal dan batuk pilek bahkan ada juga yang harus kami rujuk ke rumah sakit,” sebut Kepala Puskesmas Duren Jaya, Ellis Zarniwati seperti dilaporkan TribunAsia, Senin (1/7/2019).

Peduli dengan kerentanan kondisi kesehatan warga ini, Puskesmas Duren Jaya, Bekasi, bekerjasama dengan RS Sentosa Siloam Hospital Group melaksanakan pengobatan cuma-cuma di RS Sentosa Siloam Hospital Bekasi. Ada 400 pasien yang dilayani dengan dua dokter dan sepuluh orang tim medis dan apoteker.

“Mayoritas pasien menderita penyakit Ispa. Warga mengeluhkan sesak nafas dan batuk pilek, hal ini dipicu karena masih kurangnya kepedulian warga akan pola hidup sehat,” papar Dokter Rico Andriyadi dari RS Siloam yang bertugas bersama Dokter Ikhlas H Nainggolan dalam pers rilis bakti kesehatan ini.

Animo warga yang tinggi mengikuti bakti kesehatan ini diakui Lurah Duren Jaya Predi Ridiansyah. “Warga sangat antusias karena banyak dari mereka sudah lama tidak mendapatkan pengobatan gratis semacam ini. Harapan saya kedepannya pengobatan ini selain untuk mengobati tapi bisa memberikan edukasi pada warga agar dapat hidup secara sehat dan berkualitas baik, dari pihak swasta maupun pemerintah semoga warga lingkungan Duren Jaya berpredikat sadar sehat.” Imbuhnya.

Salah satu warga yang berobat saat dimintai keterangan mengeluhkan penyakit lemah jantung yang dideritanya dalam kurun waktu sudah dua tahun. “Kalau jalan jauh udah gak kuat, nafas langsung ngos-ngosan” ungkapnya sambil dipapah petugas hansip,” ujar Sulaiman (72), seorang warga. (HIR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *