oleh

Amankan Sidang Sengketa Pemilu 4000 Personil TNI dan Polri Dikerahkan ke MK

Jakarta, TribunAsia.com – Amankan sidang sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi 4000 personil TNI dan Polri dikerahkan. Polres Jakpus jelaskan, Kamis (27/6) situasi keamanan ketika putusan gugatan perkara kecurangan disekitar lokasi Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

“Perkembangan pengamanan yang jelas pada sore hari ini aparat kepolisian dan TNI masih memberikan pelayanan menjaga keamanan dalam rangka kegiatan hasil keputusan sidang.Untuk kekuatan di sekitar MK itu sendiri ada sekitar 4000 personel,” ujar Ajun Komisaris Besar Polisi Ari Ardian selaku Wakapolres Jakpus, Jum’at (28/6/2019).

Dia menilai, kondisi keamanan di sekitar lokasi MK dirasa cukup aman dan kondusif. Wakapolres pun menambahkan, pihaknya telah membangun komunikasi kepada pihak-pihak massa unjuk rasa disepanjang jalur menuju MK. Kegiatan unjuk rasa yang dilakukan elemen masyarakat dari berbagai daerah yang turun kejalan Medan Merdeka, Jakpus dianggap terpantau tertib katanya.

“Sejauh ini situasi masih tetap aman dan kondusif. Yang jelas kita sudah komunikasi dan kita himbau mereka melaksanakan kegiatan ini dengan dengan tertib dan lancar sesuai dengan ketentuan dan kita sudah komunikasikan baik kegiatan berjalan dengan tertib,” tandasnya bersama Kapolres Jakpus, Kombes Pol Harry Kurniawan.

Untuk itu, polisi berharap apapun keputusan yang disampaikan oleh hakim MK dijelaskan dia massa berlaku tertib sesuai dengan prosedur unjuk rasa. Namun, kata Ari massa aksi tetap menghormati batas waktu yang ditentukan.

“Apapun hasilnya harus sesuai dengan ketentuan unjuk rasa, sudah kita sampaikan kepada mereka untuk menyusui menyesuaikan ketentuan yg ada tidak melebihi batas yang sudah ditentukan,” ungkapnya.

“Nanti kita komunikasi lebih lanjut yang jelas kita kita sudah komunikasi dan menghimbau kepada mereka sesuaikan waktu yang sudah ditentukan tidak melebihi dari jam 18.00 WIB,” imbuhnya.

Dengan demikian, Ari menjelaskan dari awal berjalannya sidang hingga petang hari diutarakan dia kondisi sekeliling tersebut terkendali. Karena, baik aparat maupun peserta aksi unjuk rasa terbangun komunikasi yang positif.

“Yang jelas kita sudah sampaikan dan kita himbau tidak lebih dari waktu yang telah ditentukan. Alhamdulillah sampai sejauh ini kita masih kondusif melihat TNI dan Polri dan masyarakat yang datang kita berkomunikasi kita bersosialisasi dengan baik,” beber polisi. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *