oleh

SMK 48 Jelaskan Tata Cara Pendaftaran Seleksi Peserta Didik Baru 2019

Jakarta, TribunAsia.com – Sekolah Menengah Kejuruan 48 jelaskan tata cara pendaftaran seleksi peserta didik baru 2019 (SPDB). Safrudin SPd menyampaikan, calon siswa yang hendak mendaftar diri ke SMKN 48 dibilangan Raden Inten, Duren Sawit, Jakarta Timur akan berakhir pada Rabu petang 26 Juni 2019.

Ia selaku Wakil Kepala SMK 48 menambahkan, penerimaan murid baru disekolah tersebut, dikatakan dia terdapat beberapa jalur untuk bergabung disekolah kejuruan itu. Namun, kata Safrudin, SPDB itu sendiri memiliki kreteria penerimaan khusus antara lain, melalui jalur prestasi, pemegang kartu pekerja bagi orang tua murid, pemegang kartu Jak Lingko dan jalur anak panti.

banner 336x280
Wakil Kepala Sekolah SMK 48, Safrudin SPd.

“Hari ini hari Rabu, siang jam 2 (14.00) itu pendaftaran selesai dan pengumuman nanti jam 5 (17.00 WIB). Bentuk jalur umum itu tanggal 24 kemarin penerimaan. Tapi, sebelumnya ada jalur inklusi tanggal 24 kemarin. Sebelumnya ada jalur pemegang kartu pekerja, pemegang kartu Jak Lingko, dan dari jalur anak panti dari tanggal 12. Setelah itu dilanjut tanggal 17 jalur prestasi,” jelas Safrudin kepada TribunAsia.com, Rabu (26/6/2019).

Terkait nilai evaluasi murid (NEM), pihak sekolah mengatakan tidak mematok nilai tersebut, akan tetapi melalui SPDB secara otomatis calon peserta didik akan terevakuasi secara sistem. Maka, Safrudinan merinci, ketika penerimaan murid baru di SMK 48 dapat menampung 288 siswa.

“Kalau masalah NEM kita sekolah negeri tidak mematok NEM tetapi yang menseleksi semua itu sistem. Jadi, yang tertinggi itu otomatis terjaring total siswa (menampung) 288 siswa kelas sepuluh (X),” tandasnya.

Lebih lanjut, dia menyarankan bagi calon siswa yang tidak terseleksi di SMK 48 untuk mendaftar diri ke sekolah lain sebab dari sekian jumlah pendaftar akan diumumkan secara sistem dan publik dapat melihat langsung. Terlebih, menurut dia, khusus SMK tidak terikat dengan zonasi dan ketika melakukan pendaftaran akan memperoleh token.

“SMK itu tidak ada jalur zonasi jadi zonasi umum jenisnya. Dari mana pun bisa mendaftar di SMK. Jadi publik juga bisa melihat langsung SPDB mereka (calon siswa) harus daftar sendiri disini hanya ada tokennya saja,” tegasnya.

Dengan mengenakan pakaian seragam Pramuka, Safrudin memaparkan syarat-syarat yang perlu dilengkapi untuk mendaftar calon peserta didik baru di SMK 48 Jaktim. Disamping itu, pihak sekolah juga telah memasang informasi tentang SPDB tahun 2019.

“Untuk kelengkapan Semuanya sama untuk sekolah negeri, SKUN, kemudian fotocopy kartu keluarga dan juga di depan terpampang. Untuk karakteristik pemilihan  jurusan tertentu memiliki karakter tertentu misalnya teknik warna ada 4 poin sih itu persyaratan yang harus dipenuhi,” ungkapnya. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *