oleh

Kota Depok Favorit Transit Refugi Afghanistan

Depok, TribunAsia.com – Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Isnu Pranowo katakan, Kota Depok banyak menampung para pengungsi asing dari beberapa negara asal. Mayoritas refugi berasal dari Afghanistan.

“Ada sekira 160-an orang refugi di sini. Umumnya dari Afghanistan. Mareka di berada di bawah perlindungan UNHCR. Mareka tinggal menunggu dikirim ke negara tujuan,” ujar Isnu di acara sosialisasi kegiatan keimigrasi kepada pihak terkait di Margo Hotel, Kota Depok, Rabu (26/6/2019).

Kabid Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Isnu Pranowo.

Para refugi ini menjadikan Kota Depok tempat favorit tinggal sementara bagi warga Afghanistan sebelum diakses oleh UNHCR ke negara ketika tujuan mareka ke negara maju. Namun, disebut Isnu, tak ada batas masa menetap sementara selama belum dapat dan diterima oleh negara tujuan.

Para refugi ini tinggal di rumah sewaan dan apartemen. Untuk biaya hidup refugi ini mendapat bantuan biaya dari keluarganya dari negara asal. Selama, berada di Indonesia, mareka tidak diperkenankan untuk bekerja. Namun ada juga yang selewengkan izin tinggal. Bila ada kejadian tindak pidana menjadi ranah kepolisian.

“Disemua daerah di Jawa Barat ada tapi yang banyak di Depok dan di Bandung didalam pengawasan Kantor Imigrasi,” ujar Isnu.

Jelas Isnu, Kantor Imigrasi Kota Depok jadi kantor unggulan untuk menjadi zona integritas bebas korupsi dan tertib keimigrasian. Sasaran sosialisasi yaitu aparat pemkot mulai lurah dan camat, pengelola tempat penginapan, penjamin imigran, penjamin mahasiswa, universitas, hotel, dan apartemen. (HIR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *