oleh

HUT Jakarta ke-492, Begini Acaranya

Jakarta, Tribunasia.com,- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta akan diwarnai dengan ragam acara menarik dan seru. Tidak hanya mengenalkan budaya Jakarta lewat ‘Wajah Baru Jakarta’ seperti yang terpampang pada logo HUT ke-492 DKI Jakarta, perayaan kali ini juga akan menampilkan rangkaian acara karya anak Jakarta.

Mengusung konsep ekonomi kreatif dan seni, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap rangkaian acara yang tengah disiapkan ini bisa memajukan perekonomian Jakarta dan mendekatkan warga dengan berbagai karya seni.

Kejaksaan Negeri Jakarta Timur - ZONA INTEGRITAS (Wilayah Bebas Korupsi)

“Rangkaian acara ini kami hadirkan untuk seluruh warga Jakarta. Bahkan, harapannya, bisa mendatangkan turis domestik maupun mancanegara,” ujar Anies dilansir dari situs PPID Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Berikut deretan acara seru yang akan memeriahkan HUT ke-492 DKI Jakarta pada 22 Juni mendatang.

 

Live Mural

Live Mural Jakarta Anniversary akan berlangsung di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat. Acara ini akan diikuti oleh mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Hima Rupakapala Universitas Paramadina yang bekerja sama dengan iMural. Mereka akan melukis setiap dinding sepanjang terowongan sisi utara dengan tema Wajah Baru Jakarta.

 

Semasa Piknik & Pasar Raia Keliling Vol. 2
Sukses dalam penyelenggaraan Semasa di Balaikota pada Maret 2019 lalu, Pemprov DKI Jakarta kembali bekerja sama dengan Semasa di Kota Tua dalam menghadirkan wadah bagi pelaku ekonomi kreatif.

Bazar kreatif kali ini digelar di Taman Lapangan Banteng dan berkonsep piknik. Ada lebih dari 60 pembuat produk kreatif rencananya akan ikut berpartisipasi. Mulai dari produk pakaian, keramik, hingga kuliner akan dipamerkan di bazar ini.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menggandeng Sadari Sedari yang fokus menjual donasi pakaian bekas dari berbagai kalangan artis untuk pendidikan di Indonesia. Ragam pakaian akan dijual di Pasar Raia Keliling Vol. 2 di Taman Lapangan Banteng.

 

Malam Puncak HUT ke-492 Jakarta ‘Wajah Baru Jakarta’ Malam Puncak HUT ke-492 DKI Jakarta akan digelar di Bundaran HI pada 22 Juni 2019 mendatang. Acara ini memadukan unsur tradisional dan teknologi dengan menampilkan tari tradisional, lagu, dan kostum tradisional secara kolosal, serta pertunjukan video mapping, water screen, dan immersive.

Acara ini juga akan dibagi menjadi tiga babak, mulai dari Jakarta Tempo Doeloe, Jakarta Membangun, hingga Wajah Baru Jakarta. Tak tanggung-tanggung beberapa artis Ibu Kota ternama seperti Pasha, Kotak, Siti Badriah, dan Wali juga akan menyapa warga Jakarta di malam puncak.

Seribu Islands ‘Indie Festival’
Warga Kepulauan Seribu juga dapat merasakan euforia HUT ke-492 DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta menggelar sebuah festival musik bertajuk Seribu Islands ‘Indie Festival’ di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, pada 22 Juni 2019.

Festival ini menghadirkan sejumlah musisi indie ternama seperti Pusakata, Danilla, Sisitipsi, dan Alviandra Project. Selain festival musik indie, pengunjung juga dapat menikmati aneka makanan dari bazar UKM Pulau Tidung.

 

Jakarnaval

Jakarnaval kembali digelar untuk memeriahkan HUT ke-492 Kota Jakarta. Parade kesenian bertema Wajah Baru Jakarta ini akan menampilkan parade budaya, parade modern, parade kendaraan hias, hingga penampilan sejumlah musisi Ibu Kota seperti Krisdayanti, Iwa K, dan Ada Band.

Peserta Jakarnaval 2019 akan terbagi menjadi 2 (dua) rute. Parade dengan berjalan kaki akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jl MH. Thamrin kemudian berputar di perempatan depan Sarinah untuk kembali ke arah Monas dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas.

Sedangkan, parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jl. MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, kembali ke arah Jl. Medan Merdeka Utara, melewati Patung Arjuna Wijaya, kemudian mengakhiri parade di depan kantor RRI. Parade akan dilepas langsung oleh Anies Baswedan.

 

Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2019

Jangan lewatkan juga festival foto internasional pertama di Indonesia. Festival ini menampilkan 13 program menarik yang terdiri dari exhibitions, fringe, workshops, urban photo tour, VIP dinner, performances, bazar, panel discussions, artist talks, public lectures, portfolio review, projection nights, serta awards. JIPFest diikuti oleh lebih dari 50 peserta yang merupakan fotografer maupun beragam profesi yang berhubungan dengan fotografi, serta pecinta fotografi dari dalam dan luar negeri. (GN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *