oleh

Massa Aksi Unjuk Rasa di Patung Kuda Bubarkan Diri

Jakarta, TribunAsia.com – Kepala Kepolisian Resor Jakarta Pusat (Polres Jakpus) menjelaskan arus lalulintas kembali normal setelah massa aksi unjuk rasa membubarkan diri yang berada disekitar Mahkamah Konstitusi.

Diketahui, massa aksi berkumpul di depan Gedung Indosat atau di depan Patung Kuda Jalan Medan Merdeka Barat, mereka menyuarakan penolakan kecurangan tentang pelaksanaan pemilihan presiden 2019 dan kini berlangsung proses hukum tersebut di MK.

“Tadi sekitar pukul 15.30 WIB di sekitar belakang Istana yaitu di Jalan Veteran, Harmoni itu sudah mengalir. Di depan Hotel Sriwijaya prosesnya memang  bertahap proses intinya berada di patung kuda ini,” kata Kombes Pol Harry Kurniawan, Selasa (19/6/2019).

Jelang petang setelah ba’da Ashar, massa secara perlahan mulai membubarkan diri dan kondisi jalan berangsur normal disekitar Medan Merdeka Barat.

Dijelaskan Kapolres Jakpus dengan didampingi Dandim 0501/JP Letkol (Inf) Wahyu Y memaparkan arus lalu lintas akan berangsur normal ketika ratusan massa meninggalkan lokasi sepanjang jalan menuju Gedung MK.

“Mudah-mudahan sebentar lagi selesai kita akan normalkan kembali arus. Iya ini-kan proses tahapan-tahapan terakhirnya ini berada di wilayah patung kuda nanti setelah dibersihkan dan diangkat betonnya nanti arus bisa normal seperti biasa,” tambahnya.

Kemudian, dia merinci personil aparat keamanan tetap masih berjaga-jaga disekitar lokasi Mahkamah Konstitusi karena kata Kapolres sidang gugatan perkara pemilu sedang berjalan. Lebih lanjut memasuki waktu telah petang, dia juga telah menghibau kepada massa yang berkonsentrasi didepan Patung Kuda untuk kembali rumah masing-masing.

“Ya kalau tetap menjaga (aparat) masih menjaga karena di dalamnya masih sidang. Di depan patung kuda kita juga himbau dengan baik mereka (massa) juga telah balik,” tandasnya.

Ia pun kembali menegaskan perihal kondisi jalan yang ditutup kini telah dibuka untuk umum. Akan tetapi, dua arah jalan yang hendak dibuka disampaikan Kapolres Jakpus Jalan Abdul Muis dinyatakan sudah dibuka sekitar pukul 15.30 Wib dan secara bertahap ruas jalan lainnya dibuka.

“Tadi memang semua dua arah prosesnya tidak semua karena kita juga memberikan rasa aman juga kepada orang yang membukanya tidak boleh langsung sekaligus,” ujarnya.

“Jalan Abdul Muis tadi setengah empat (15.30 WIB) sudah dibuka semua terakhir ini dibuka di Jalan Merdeka Barat ini,” ungkapnya. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *