oleh

Antisipasi Rumor Seputar Masuk PTN, Tiga Kampus Buat Info Day di Kampus UI

Tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yaitu Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, dan Universitas Indonesia (UI) gelar Info Day untuk sosialisasi Sistem Baru Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Balairung, Kampus UI, Kota Depok Jawa Barat, Sabtu pagi (15/6/2019).

Dijelaskan Kepala Humas UI Doktor Rifelly Dewi Astuti, hal ini guna memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya tentang tatacara pendafatarn masuk PTN di seluruh Indonesia bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki nilai dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang sudah dilaksana secara nasional yang diselenggaran Kemendikti di sejumlah tempat di Indonsia.

“Tujuan Info Day ini untuk mensosialisas tentang tatacara SBBPTN atau penerimaan mahasiswa baru tahun ini di PTN di seluruh Indonesia. Banyak rumor-rumor pelbagai hal yang berkembang mengenai pendaftaran PTN sehingga membingungkan para peserta calon mahasiswa baru. Ini untuk meluruskan rumor tersebut. Nah, hari ini kami lakukan sosialisasi ini. Tercatat, dari pendaftaran secara online untuk acara ini ada 25 ribu lebih. Hari ini ada tiga PTN yang bersama selenggarakan di UI ini,” ujar Rifelly.

Pantauan, animo perserta sangat tinggi. mareka datang ke Balairung ditemani orang tua atau sahabat mereka. Tampak peserta dari Jabodetabek. Mareka antusias mengikuti penjelasan dari UNJ, UIN, dan UI.

Disebutkan Rifelly, acara ini adalah bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki nilai dari UTBK sehingga mareka punya strategi yang jitu dan cermat untuk memilih PTN dan program studi yang diminatinya sesuai dengan nilai yang diperolehnya. Ini dapat dipakai untuk pendaftaran di PTN di seluruh Indonesia. Jalur masuk PTN itu ada dua yaitu, pertama jalur undangan dan yang keduan jalur seleksi. Jalur undangan sudah ada mahasiswa yang seleksi dan diterima oleh kampus masing-masing.

“Dan yang kedua ini ialah jalur seleksi yang dilakukan melalui SBMPTN namun, sebelumnya mengikuti UTBK dulu (yang sudah diselenggarakan selama 24 sesi yang lau. Dengan UTBK tersebut mareka dapat mendaftar secara online. Setiap peserta diperkenankan untuk memilih dua program studi di PTN yang sama atau PTN yang berbeda,” Refelly mendetailkan.

Calon mahasiswa PTN yang hadiri, Bulan Anugrahwati mengaku sangat bermanfaat mengukiti Info Day PTN. Siswi lulusan dari SMAN 8 Kota Bogor akui awalnya dia sangat bingung untuk memilih PTN namun, kemudian menjadi faham. Bulan berencana untuk mendaftar di dua program studi di UNJ. (HIR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *