oleh

Libur Lebaran, Penyedia Jasa Sewa Kuda Panen Hasil

Jakarta, TribunAsia.com – Penyedia jasa penyewaan kuda di Cipinang Indah Jakarta Timur panen hasil disela-sela liburan Lebaran. Pemilik kuda yang mangkal di tepi kanal timur (BKT) Duren Sawit, sebagai ajang untuk mengais rezeki.

Agus mengatakan, kuda miliknya sengaja disewakan kepada calon pelanggan yang didominasi kalangan balita yang saat itu tengah menanti. Namun, untuk biaya jasa tunggang kuda satu kali putaran dia memungut pembayaran senilai Rp 10 ribu.

Ketika ditemui disekitar perlintasan BKT, dia menuturkan sudah memproleh sejumlah pelanggan mencapai puluhan penyewa jasa tunggang kuda yang dimulai sejak pagi hari.

” Satu putaran sepuluh ribu (Rp 10 ribu) sekali putaran. Udah ada 30 putaran,” jelas Agus pemilik kuda berwarna cokelat kepada TribunAsia.com, Sabtu (8/6/2019).

Jika pelanggan dewasa yang hendak naik kuda, Agus akan mengenakan biaya senilai Rp 25 untuk sekali perjalanan dengan batas yang ditentukan. Lebih lanjut, di bantaran BKT dia bersama-sama rekan seprofesinya Haris dan Rangga menanti calon penyewa yang mengunjungi pangkalan mereka untuk menawarkan jasa tersebut.

” Kita bertiga dipangkalan, untuk anak-anak Rp 10 ribu kalau dewasa Rp 25 ribu. Lebaran cuma dapat 300 sampai 400 ribu pada mudik orang-orang,” tandasnya.

Kuda yang disewakan oleh mereka itu sesampai dikandang dirawat serta diberi umpan berupa dedak yang dicampur rumput agar stamina dan kesehatan terjaga.

Haris menerapkan telah memasuki setahun menggeluti usaha tersebut dan kini menetap mencari pelanggan di BKT Cipinang Indah. Pria asal Bandung, Jawa Barat itu juga mengaku pada Sabtu petang dia mengantongi penghasilan cukup lumayan.

Suasana Lebaran, dia lebih memilih keluar kandang sekitar pukul 15.00 WIB dari tempat tinggalnya di Penggilingan, Cakung Jaktim. Perlu diketahui, para pemilik kuda sewaan tersebut memiliki lapak dan tempat tinggal yang berbeda-beda namun mereka mangkal ditempat yang sama di bantaran BKT.

” Dari Ashar berangkat dari jam 3 (15.00 WIB) saya tinggal di Pulo Jahe (Cakung). Lumayan sih habis lebaran, (kuda tunggang),” ujar Haris. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *