oleh

Manfaat Minyak Kedelai

Jakarta, TribunAsia.com – Minyak kedelai memiliki beragam manfaat kesehatan yang luar biasa. Kedelai memiliki sumber protein, lemak esensial, dan fitokimia yang sangat baik.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze,

banner 336x280

 

Membantu Pertumbuhan Rambut

Rambut rontok dan botak adalah ancaman yang meningkat, dan itu terjadi pada wanita dan pria dari semua kelompok umur.

Berbagai faktor seperti stres, kecemasan, gen, kekurangan gizi, ketidakseimbangan hormon, dan polusi bisa menyebabkan percepatan rambut rontok, berkurangnya kekuatan helai rambut, dan pertumbuhan rambut terhambat.

Menggunakan minyak kedelai atau produk kedelai bisa meningkatkan asam amino dan molekul seperti keratin dalam serat rambut dan memperkuat mereka dari akar.

Inilah sebabnya mengapa banyak sampo yang berjanji untuk menambah kilau pada rambut Anda memiliki minyak kedelai atau turunan kedelai.

 

Melindungi dan Memelihara Kulit Anda

Minyak kedelai kaya akan asam linoleat, isoflavon, antioksidan, dan vitamin yang melindungi dan menyehatkan kulit Anda.

Menerapkan minyak kedelai atau gel dan lotion yang mengandung turunan minyak kedelai bisa melindungi kulit Anda dari sinar UVB dan peradangan yang disebabkan radikal bebas dan mengurangi kehilangan air transepidermal (TEWL) pada kulit, yang mempromosikan pemulihan penghalang kulit.

Minyak kedelai hitam kaya akan antioksidan seperti anthocyanin dan isoflavon yang mencegah penuaan kulit pada wanita pasca-menopause. Isoflavon adalah fitoestrogen dan menunjukkan aktivitas mirip estrogen manusia.

Menggunakan minyak nabati semacam itu mencegah hilangnya kolagen dan elastin di kulit Anda dan menjaga kulit Anda lembut, lembab, dan bebas dari kerutan, pigmentasi, dan garis-garis halus.

 

Menurunkan Kadar Kolesterol Buruk Dan Melindungi Jantung Anda

Menggunakan minyak olahan untuk memasak bisa meningkatkan kadar lemak tak jenuh ‘buruk’ dalam tubuh Anda, yang menyebabkan akumulasi kolesterol ‘jahat’ atau LDL (Low-density lipoprotein) dalam darah.

Endapan LDL menyumbat pembuluh darah Anda, mengganggu sirkulasi darah, dan secara tidak langsung meningkatkan tekanan pada jantung Anda, yang mengarah ke hipertensi.

Alternatif sehat seperti minyak kedelai berlimpah dalam asam lemak omega-3 dan omega-3 tak jenuh ‘baik’.

Ini memperlambat akumulasi LDL dan mengurangi hipertensi. Dalam sebuah penelitian, minyak kedelai dna turunannya ditemukan mampu menurunkan risiko aterosklerosis dan serangan iskemik sebesar 25 persen.

 

Membantu Anda Menambah Berat Badan dengan Cara yang Benar

Sementara 80 persen populasi dunia ingin menurunkan berat badan, ada banyak orang yang kekurangan gizi di luar sana, yang telah disarankan untuk menambah berat badan.

Karena minyak kedelai memiliki kadar mono dan asam lemak tak jenuh ganda yang lebih tinggi daripada lemak jenuh, bersama dengan tepung nabati dan fitokimia, mengganti mentega atau minyak goreng olahan dengan minyak kedelai adalah pilihan yang lebih sehat.

 

Sangat Penting Untuk Kesehatan Tulang

Wanita diberi senjata misterius bernama estrogen yang melindungi mereka dari gangguan terbesar.

Salah satu peran penting yang dimainkan estrogen adalah dalam mengatur metabolisme tulang, dan kekurangannya ditemukan menyebabkan keropos tulang dan meningkatnya insiden osteopenia.

Minyak kedelai kaya akan pitosterol yang disebut isoflavon (polifenol turunan tanaman dan mirip estrogen) yang mengais radikal bebas dan berikatan dengan reseptor estrogen pada tulang Anda untuk memicu pembentukan tulang yang positif dan menawarkan perlindungan dari penyakit tulang seperti osteoporosis dan osteopenia.

 

Meningkatkan Daya Ingat dan Memerangi Penyakit Alzheimer

Peningkatan kadar lemak jenuh menyebabkan pembentukan plak amiloid (seperti endapan LDL) pada sel-sel otak, yang menyebabkan peradangan dan kehilangan memori.

Minyak kedelai memiliki kadar vitamin K yang tinggi dan asam lemak tak jenuh ‘baik’, seperti asam linolenat dan linoleat, yang selanjutnya membentuk asam omega-3 seperti DHA dan EPA dan asam lemak omega-6.

Asam lemak ini memiliki sifat neuroprotektif yang kuat dan perlu dipasok secara eksternal melalui diet Anda.

Menambahkan kedelai ke makanan Anda, menggunakan minyak kedelai untuk memasak, atau mengonsumsi suplemen minyak kedelai bisa meningkatkan daya ingat dan pembelajaran. Ini juga bisa mengobati gangguan kognitif, neurodegeneratif, dan serebrovask. (GN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *