oleh

Limapuluh Kota : Gerindra Raup Suara, Nasdem Buncit

Limapuluh Kota, TribunAsia.com – Sepuluh partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019, berpeluang menguasai 35 kursi DPRD Limapuluh Kota, Sumbar periode 2019-2024. Kesepuluh partai yang berpeluang itu adalah Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, Hanura, PAN, PPP, PDIP, PKB, dan NasDem.

“Dari hitung-hitungan sementara kita, mengacu C1 dan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, Gerindra dapat 6 kursi. Kemudian, Golkar dan Demokrat sama-sama 5 kursi. Selanjutnya, PKS dan Hanura dapat 4 kursi, PPP 3 dan PAN dapat 3 kursi, PDIP dan PKB dapat 2 kursi, serta NasDem dapat 1 kursi. Tapi, kita tunggu sajalah penetapan dari KPU,” kata Ketua Partai Golkar Limapuluh Kota Safarudin Dt Bandaro Rajo.

Senada dengan Safarudin Dt Bandaro Rajo, Ketua PKB Limapuluh Kota Ferizal Ridwan juga memperkirakan hal yang sama.

“Survei yang kita lakukan meleset, PKB kemungkinan hanya dapat mempertahankan 2 kursi. Sedangkan 33 kursi lainnya, dimiliki Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, Hanura, PAN, PDIP, dan Nasdem. Itu hitung-hitunan sementara kami di PKB,” kata Ferizal yang akrab disapa Buya Feri, secara terpisah.

Ini juga disampaikan Ketua PKS Limapuluh Kota Ustad Zukron. “Berdasarkan hitung-hitungan kita, mengacu kepada C1 dan rekap di kecamatan, PKS dapat 4 kursi untuk DPRD Limapuluh Kota 2014-2019. Terjadi peningkatan dari periode sebelumnya yang baru dua kursi. Adapun kursi yang kita dapat, masing-masing Dapil 1, Dapil 3, Dapil IV, dan Dapil V. Meski begitu, kita tunggu keputusan resmi KPU,” kata Ustad Zukron.

Seperti disampaikan Ustad Zukron, Limapuluh Kota yang terdiri dari 13 kecamatan, terbagi dalam 5 Daerah Pemilihan (Dapil). Yakni, Dapil 1 (Harau dan Payakumbuh), Dapil 2 (Pangkalan dan Kapur IX), Dapil 3 (Lareh Sago Halaban, Luhak, dan Situjuah Limo Nagari), Dapil IV (Akabiluru, Guguak, dan Mungka), serta Dapil V (Bukit Barisan, Suliki, dan Gunuang Omeh).

Di Dapil 1 Harau dan Payakumbuh, terdapat 8 kursi DPRD Limapuluh Kota. Kedelapan kursi itu, diperkirakan Ferizal Ridwan, didapat PKS, Demokrat, Gerindra, PPP, PAN, Golkar, PDIP, dan Hanura. Perkiraan ini juga disampaikan politisi Partai Demokrat asal Harau, Alfian Abbas.

“Ya diperkirakan, di Dapil 1 Limapuluh Kota yang terdiri dari Harau dan Payakumbuh ini, kursi pertama didapat PKS. Disusul, Gerindra, PPP, Golkar, Demokrat, PAN, PDIP, dan Hanura. Namun, ini kan masih bersifat perkiraaan. Untuk keputusan resmi, kita tunggu saja penetapan dari KPU,” kata Alfian Abbas yang disebut-sebut bakal kembali duduk di kursi DPRD.

Sedangkan di Dapil Limapuluh Kota 2 yang terdiri dari Pangkalan dan Kapur IX, lima kursi DPRD yang ada di dapil tersebut, diperkirakan dimiliki Hanura, Golkar, Demokrat, Gerindra, dan PDIP. Perkiraan ini juga disampaikan Syamsul Mikar, politisi senior Partai Golkar asal Kapur IX yan sudah menghitung hasil rekapitulasi suara di tingkat PPK Pangkalan dan Kapur IX.

“Jika mengacu kepada hasil rekapitulasi suara di tingkat PPK Pangkalan dan Kapur IX, Hanura dapat 6.186 suara. Kemudian, Golkar dapat 4.900 suara, Demokrat dapat 4.405 suara, Gerindra dapat 3.059 suara, dan PDIP dapat 2.941 suara. Sedangkan partai lain, seperti PAN dapat 2.325 suara, PPP 2.037 suara, PKB 1.654 suara, Perindo 1.494 suara, PKS 1.404 suara, NasDem 1.362 suara, PBB 312 suara, Berkarya 67 suara, PSI 56 suara, Garuda 15 suara, dan PKPI 7 suara,” kata Syamsul Mikar yang sudah tiga periode duduk di DPRD dan diperkirakan akan duduk untuk periode keempat.

Sementara di Dapil Limapuluh Kota 3 yang meliputi Lareh Sago Halaban, Luhak, dan Situjuah Limo Nagari, 8 kursi yang ada di dapil tersebut, diperkirakan dibagi rata oleh 8 parpol berbeda. Yakni, Demokrat, Gerindra, Golkar, PPP, Hanura, PAN, PKB, dan PKS.

Perkiraan ini juga disampaikan tiga politisi asal Dapil tersebut, yakni Ferizal Ridwan, Ustad Zukron, dan Virmadona dari Gerindra yang diperkirakan akan kembali duduk di kursi DPRD Limapuluh Kota.

Sedangkan di Dapil Limapuluh Kota IV yang meliputi Kecamatan AKabiluru, Guguak dan Mungka, terdapat 9 kursi DPRD. Kesembilan kursi itu, berdasarkan hasil hitung C1 dan rekap tingkat PPK yang dilakukan DPC Partai Kebangkitan Bangsa Limapuluh Kota, diperkirakan bakal ditempati Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, PAN, PKB, Hanura, NasDem, dan Gerindra lagi.

“Di Dapil ini, Gerindra dapat 2 kursi,” aku Ketua PKB Ferizal Ridwan. Ini juga diakui Ketua PKS Ustad Zukron. “Iya, dari hitung-hitungan kami, di Dapil IV, Gerindra dapat 2 kursi,” ujarnya.

Adapun di Dapil Limapuluh Kota V yang terdiri dari Kecamatan Suliki, Gunuang Omeh, dan Bukit Barisan, terdapat 5 kursi DPRD. Kelima kursi itu diperkirakan, bakal ditempati Gerindra, PKS, Demokrat, Golkar, dan PPP. Perkiraan ini juga disampaikan politisi Partai Demokrat asal Dapil V, Wendi Chandra Dt Marajo secara terpisah.

“Dari hitung-hitungan C1 Partai Demokrat dan rekap suara di kecamatan, caleg di Dapil V yang diperkirakan berpotensi duduk di DPRD adalah Khairul Afid (Gerindra). Kemudian, Bisron Hadi (PKS), kami sendiri (Wendi Chandra-Demokrat-red), Doni Ikhlas (Golkar) yang selisih suara dengan Margespi diperkirakan 18 suara saja. Kemudian, Ridhawati dengan PPP, dimana selisih suara PPP dan PAN diperkirakan 185 suara lebih. Tapi, untuk resminya, kita tunggu sajalah keputusan dari KPU,” kata Wendi Chandra. (DTB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *