oleh

Hakim Pertimbangkan Vonis Pengeroyok Anggota TNI di Ciracas Jaktim

Jakarta, TribunAsia.com – Sidang Vonis kasus pengeroyokan anggota TNI di Ciracas, Jaktim Majelis Hakim pertimbangan hal-hal yang meringankan kepada lima orang terdakwa diketahui masing-masing bernama Agus, Heri, Iwan, Depi dan Suci. Namun khusus untuk Suci, Majelis Hakim PN Jaktim memberikan Vonis selama 7 bulan penjara.

Akan tetapi, juru parkir pengeroyok anggota TNI di Arundina, Cibubur yang lainnya di jatuhkan hukuman selama 1 tahun 4 bulan. Endang Sriastining, SH selaku Ketua Majelis Hakim dengan didampingi anggota lainnya Gede Ariawan, SH MH dan Hermawansyah, SH MH mengatakan pertimbangan yang meringankan terhadap Terdakwa karena belum pernah dihukum dan korban telah memaafkan mereka.

“Terdakwa masih mudah dan kedepan untuk memperbaiki sikap. Terdakwa belum pernah dihukum dan korban telah memaafkan,” kata majelis hakim disela-sela putusan, Senin (6/5/2019).

Endang Sriastining, SH menambahkan, usai menjatuhkan vonis terhadap mereka yang dinyatakan sah dan bersalah melanggar hukum kemudian pihaknya memberikan kesempatan untuk menentukan sikap hukum itu menentukan banding atau menerima putusan itu.

“Kita sudah bersmusyaraha baik menerima atau menolak diberi waktu selama tujuh (7) hari. Pikir-pikir dulu 7 hari,” tandas Endang dihadapan sejumlah Terdakwa.

Kemudian, jaksa penuntut umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Jakarta Timur serupa untuk menentukan sikap pikir-pikir dalam satu pekan setelah Majelis Hakim memvonis pelaku yang terlibat dalam pengeroyokan dengan korban Perwira TNI.

“Pikir-pikir yang mulia,” tegas Tri Wahyu, SH.

Adapun hal-hal yang dinilai memberatkan Terdakwa dijelaskan Majelis Hakim dalam perkara pengeroyokan tersebut antara lain mengakibatkan luka-luka pada korban, mengalami trauma kepada anak korban dan perbuatan main hakim sendiri. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *