oleh

Konfrensi Pers Ditjenpas, Kronologi Penerimaan Narapidana Baru di Lapas Nusakambangan

Jakarta, TribunAsia.com

1.Hari Kamis tanggal 28 Maret 2019,  sebelum rombongan pindahan narapidana sampai ke Nusakamabangan(NK),  Kalapas Narkotika NK didampingi Kabid Kamtib Lapas Batu selaku penanggung jawab satgas pengamanan penyeberangan, telah mengumpulkan seluruh anggota satgas dan tim dari lapas narkotika NK,  dengan arahan dilakukan pemeriksaan dengan teliti agar tidak terulang masuknya narkoba yang dibawa napi pindahan.

banner 336x280

2.Pada jam 13.30 an rombongan 26 narapidana tiba  (10 orang dari lapas Krobokan dan  16 orang dari Lapas Bangli)  dan diturunkan di halaman depan pos satgas wijayapura, kemudian dilakukan penggantian dari borgol rantai menjadi borgol perorangan,  untuk dapat masuk dan diperiksa satu persatu oleh satgas pengamanan penyeberangan.

3.Sesampai keluar dari pintu belakang pos wijayapura  menuju kapal penyebarangan, terjadi pelanggaran  seperti yang terjadi di video yang sudah tersebar di  medsos, sampai berada di dalam kapal penyebarangan.

4.Pada jam 14.30 an rombongan dengan mobil telah sampai di Lapas Batu dan ditempatkan  4 WBP (dari Lapas Kerobokan),  selebihnya sebanyak 22 WBP ditempatkan  di Lapas Narkotika NK (6 dari Lapas Kerobokan 16 dari Lapas Bangli).

5.Telah dilakukan pemeriksaan kepada 13 petugas dan didapat informasi yang membenarkan tindak kekerasan tersebut dan saat ini masih dilakukan pemeriksan  pengembangan.

6.HM, Kalapas Narkotika Nusakambangan sebagai pimpinan rombongan dari Lapas Narkotika Nusakambangan dalam penerimaan pemindahan narapidana tsb,  dianggap tidak mampu mengendalikan petugas lain sehingga tetap terjadi tindak kekerasan tersebut.

7.Dalam rangka menjaga harapan masyarakat adanya  perlakuan yang menjunjung tinggi kemanusiaan dan martabat,  kakanwil Jawa Tengah untuk menarik sementara waktu kepada kalapas narkotika NK pada Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Tengah dalam rangka pemeriksaan  intensif.

8.Plh Kalapas Narkotika NK an.  Irman Jaya,  Kabid Pembinàan pada Lapas Batu.

9.Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lebih intensif dan segera kami laporkan lebih lanjut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *