oleh

Sistem Pertanian Alamiah Mulai Dilirik Warga Bulukumba

Bulukumba, TribunAsia.com – Nasi merupakan kebutuhan dasar manusia karena sifatnya yang berupa makanan pokok, semua manusia pasti mendambakan nasi yang dimakannya benar-benar sehat, tapi tidak semudah itu mewujudkannya mengingat proses penanaman padi di sawah banyak melibatkan bahan kimia, menyikapi kendala tersebut warga Bulukumpa mulai beralih ke sistem Pertanian alami.

Sistem Pertanian alami merupakan cara bercocok tanam padi di sawah tanpa melibatkan unsur kimia sedikitpun, khusus di Bulukumba praktik ini mulai digalakkan warga Bulukumpa, salah satu kecamatan di Kabupaten Bulukumba.

banner 336x280

“Jadi bentuknya berupa kelompok, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada para petani untuk bersama menerapkan sistem Pertanian alami” jelas Kama, salah satu petani yang yang tergabung dalam kelompok pertanian alami, Senin (29/4).

Ia mengaku telah menerapkan ilmu tentang sistem pertanian alami kedalam sawah yang digarapnya.

“Berdasarkan pengalaman kualitas berasnya memang beda, kalau beras dari padi yang semprot pakai racun kimia palingan hanya bisa tahan sehari kalau dimasak, sementara kalau dari beras hasil pertanian alami bisa tahan dua hari, baunya juga lebih harum, ada perbedaan kualitas” terangnya.

Penerapan sistem pertanian alami di sawah murni menggunakan unsur alam seratus persen, tidak ada unsur kimia apalagi berupa kimia atau racun hama.

“Prinsipnya jelas, semua bahan kita ambil dari alam lalu diolah dalam bentuk ramuan, ramuan tersebut yang digunakan menumbuhkan padi” tutupnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *