oleh

Hari Posyandu 2019 Gelar Pelayanan Kesehatan dan Seni Budaya

Jakarta, TribunAsia.com – Antisipasi pertumbuhan pada anak usia dini (stunting) Lurah Rawa Bunga Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur menyampaikan kepada masyarakat meningkatkan kesehatan melalui Posyandu.

Agustinah mengatakan, langkah pelayanan kesehatan khususnya di DKI Jakarta tak lepas dari peran serta keterlibatan elemen masyarakat dan instansi terkait dalam mewujudkan pemenuhan gizi terhadap kesehatan ibu dan anak.

“Posyandu untuk penanganan stunting atau kerdil alhamdulillah saya selaku ketua umum ahli gizi di Provinsi DKI Jakarta bersinergisitas dengan panitia,” kata Agustinah selaku Lurah Rawa Bunga kepada TribunAsia.com di Gedung Taman Benyamin Sueb , Senin (29/4/2019).

Gebyar Posyandu 2019 tersebut terselenggara atas dukungan elemen masyarakat diantaranya Jakarta Bahagia, Jaringan Aksi Peduli Anak Sehat (Jakpas) dan instansi kesehatan termasuk kader-kader Posyandu di Jakarta Timur.

Selain itu, tempat dilaksanakannya Gebyar Posyandu yang sebelumnya telah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta tersebut, diharapkan dapat menyemarakan kegiatan-kegiatan seni dan budaya dilingkungan Jakarta Timur.

“Kami mengharapkan gedung taman Benyamin Sueb ini yang sudah diresmikan oleh Bapak Gubernur Provinsi DKI Jakarta,  pada bulan Oktober ini terus bisa dilaksanakan kegiatan-kegiatan menyemarakan atau menggabungkan taman Benyamin Sueb ini sebagai taman atau museum seni dan budaya,” tandasnya.

Menurut dia, Gebyar Posyandu sangat dilirik masyarakat sekitar hal tersebut dapat digambarkan dengan antusias masyarakat yang datang untuk memeriksakan dirinya ke lokasi pelayanan kesehatan yang terdapat area itu. Terlebih, Agustinah memaparkan dalam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat juga disuguhkan dengan pementasan seni maupun budaya.

“Hari ini kebetulan kita ada Gebyar Posyandu yang dilaksanakan dalam rangka hari Posyandu Nasional. Pengunjungnya dari masyarakat sangat antusias sekali, karena selain ada pentas seni dan budaya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan itu turut dimeriahkan dengan perlombaan mewarnai setingkat PAUD atau setara anak usia dini. Masih kata dia, Suku Dinas Pemberdayaan Perkembangan Anak Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) dan organisasi profesi (Persagi), BPJS kesehatan maupun ketenagakerjaan turut bersinergi dalam melayani kesehatan di DKI Jakarta.

“Menyampaikan peran kader dan juga keterlibatan PKK untuk meningkatkan derajat kesehatan khususnya melalui posyandu. Ini mudah-mudahan melalui seminar ini sosialisasi kembali kepada keluarga kepada tetangga masyarakat umumnya bisa mengerti dan paham bagaimana mencegah dan menangani stunting sejak dini di Provinsi DKI Jakarta,” sambung dia lagi.

“Ada juga pemeriksaan kesehatan antara lain pemeriksaan gula darah tensi asam urat kolesterol dan bahkan lemak tubuh. Pelayanan KB Tadi sektornya sudah sudah banyak. Tadi hari ini kurang lebih 36 asektor yang sudah melakukan untuk pelayanan keluarga berencananya (KB),” terang Gustinah. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *