oleh

PKS Klaim Empat Program Populis ini Pedulang Simpati Pemilihnya

Depok, TribunAsia.com – Partai Keadilan Suara (PKS) meklaim bahwa empat tawaran program populis inilah yang disukai masyarakat yang memberikan suara pemilunya—selain totalitas mendukung dan mengampanyekan untuk pemenangan Capres Prabowo-Sandi.

Disebutkan Ketua DPD PKS Kota Depok Muhammad Hafidz Nasir, keempat program ini yang nantinya akan diperjuangkan oleh PKS dalam bentuk untuk menjadi Undang-Undang (UU) yaitu pertama, pengapusan pajak kendaraan sepeda motor yang bermesin mulai bertenaga 150 CC (cubical centimeter) ke bawah. Kedua, pemberlakuan masa berlaku surat izin mengendarai (SIM) seumur hidup seperti KTP. Ketiga, pengasilan di bawah Rp8 juta bebas atau tidak kena pajak. Dan, keempat perlindungan hukum kepada aktivitas tokoh agama.

banner 336x280

Dilaporkan Rabu (24/4). Nasir menjelaskan bawah saat ini PKS sudah menyiapkan draf rancangan undang-undang kepada keempat masalah yang ditawarkannya ini. PKS berharap Paripurna DPRRI dan Pemerintah bersedia mengabulkannya jadi undang-undang.

“Bebas pajak sepeda motor mulai dari 150 CC ke bawah. Ini memerhatikan kebutuhan rakyat seperti pekerjaan ojek online. Namun keempat rancangan program PKS ini perlu dukungan kebijakan nasional dari DPR RI dan pemerintah. Juga pemberlakuan SIM seumur hidup,” ujar Hafidz.

Pengapusan pajak sepeda motor ini tidak berpengaruh kepada keuangan negara sejumlah Rp313 triliun. Untuk menyiasati kehilangan sember uang ini pemerintah menurut PKS dapat melakukan pengematan anggaran negara dan medapatkan sumber pengasilan lainnya.

“Sebenarnya untuk pengasilan dari pajak sepeda motor kecil berbanding terbalik dengan pajak kendaraan mobil yang sampai enam kali lipat. Ini meringankan beban ekonomi rakyat kecil sebab motor adalah kebutuhan utama rakyat kecil dalam mencari nafkah yang hemat dan mudan mejangkau tempat pekerjaan,” sebutnya. (Hendrik Raseukiy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *