oleh

Independensi Penyelenggara Pemilu

Jakarta, TribunAsia.com – Pada level yang paling operasional, pemilu akan berhasil jika para aparat dan penyelenggara pemilu bekerja maksimal dan independen. Besar sekali pengaruhnya, bahkan bisa terancam gagal jika penyelenggara dan aparat tidak independen dalam mengawal proses-proses Pemilu.

Di samping itu, kita berharap bahwa masyarakat sungguh-sungguh terobsesi pada kedaulatannya sendiri dalam memberikan hak suara. Serta mampu bertindak sebagai undercover intelligent dalam mencegah kemungkinan-kemungkinan kecurangan Pemilu.

Mengingat bahwa sering kali pelanggaran pidana pemilu terjadi karena daya tawar hak kedaulatan rakyat begitu mudah diperdagangkan, maka aparat penegak hukum mesti bekerja maksimal, tegas dan independen.

Pemilu kali ini ialah fase ujian terberat terhadap masa depan Indonesia sebab polarisasi dukungan lebih banyak digerakkan sentimen-sentimen politik identitas. Rakyat mesti lebih cerdas dan Berdaulat.

Bukan saja demi legitimasi kekuasaan, melainkan juga demi terciptanya pemimpin dan wakil-wakil yang sanggup menyelesaikan persoalan-persoalan. (GN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *