oleh

Antisipasi Kecurangan Pemilu, Tingkatkan Mawas Diri

Bulukumba, TribunAsia.com – Setiap Pemilu dilaksanakan, kecurangan selalu menjadi bahan perbincangan serius, kecurangan pada dasarnya bisa dihindari atau diminimalisir, sikap mawas  diri dibutuhkan dalam menghindari kecurangan.

“Mawas akan potensi kecurangan itu perlu. Bahwa penyelenggara berupaya profesional layak diapresiasi. Tapi namanya potensi kecurangan itu selalu ada dan terbuka lebar terjadi. Itulah sebabnya mawas diri perlu dengan cara partisipasi semua pihak ikut mengawasi. Karena kita punya kepentingan bersama untuk pemilu sehingga perlu dijaga bersama” jelas Andi Mariattang di Bulukumba, Anggota Komisi II DPR RI, Rabu (10/4).

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Selain itu regulasi KPU hingga ke level teknis dibutuhkan guna menghindari kecurangan.

“KPU seharusnya membuat regulasi teknis yang menjamin semua kandidat setara misalnya dana kampanye wajib diaudit, pengaturan teknis kampanye termasuk mengatur APK dan ABK” tegasnya.

Pihaknya menegaskan bahwa tidak ada yang disebut caleg miskin atau caleg kaya.

“Tidak ada Caleg miskin dan caleg kaya, yang ada hanya Caleg berintegritas” imbuh Mary sapaan akrabnya.

Mary yang merupakan orang Bulukumba, dan kini maju kembali sebagai Caleg DPR RI Dapil Sulsel II, memandang Pemilu sebagai perlombaan yang harus dijalani secara adil dan sportif.

“Pemilu ibarat perlombaan, semua peserta harus diposisikan setara” katanya.

Negara harus memastikan semua warganya terpenuhi hak pilihnya, sebaliknya rakyat harus memastikan calon wakil rakyat pilihannya adalah mereka yang memiliki kepedulian dan integritas yang terjaga.

“Tidak boleh ada satupun warga negara hilang hak pilihnya hanya karena negara lalai, hanya wakil rakyat yang peduli dan berintegritas yang mampu membawa rakyat menuju kesejahteraan” tutupnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *