oleh

Menristek Dukung Perguruan Tinggi Kembangkan Artificial Intelligence

Depok, TribunAsia.com – Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) mengatakan,  pemerintah sangat mendukung perguruan tinggi melakukan kerjasama dengan perusahaan niaga pada pengembangan Artificial Intelligence (AI).

Saat ini, pemerintah dengan DPR sedang membahas tentang Badan Riset Nasional. Juga, sebut Nasir, pemerintah juga sedang berupaya membangun kegiatan riset yang terintegrasi dan terkoordinasi dalam satu badan riset negara. Lembaga riset yang sekarang ada di pelbagai kementerian dilebur menjadi satu dibawah kementerian riset, teknologi, dan perguruan tinggi. Jadi Menristekdikti merangkap Kepala Badan Riset Nasional.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Untuk kuat dalam kompetisi harus diawali dari riset. Sekarang ini, pusat pengembangan Artificial Intelligance. Univeraitas ialah lembaga yang paling ideal untuk lakukan riset. Saya hari ini senang datang ke UI untuk hadiri kerjasama riset antara Tokopedia dengan UI,” sebut Nasir kepada awak pers di Kampus UI Kota Depok, Kamis (28/3/2019).

Pantauan, di Fasilkom UI, CEO Tokopedia William Tanujaya dan Rektor UI Muhammad Anis, disaksikan Menteri RTPT teken MoU bidang riset Teknologi Super Komputer deep learning dari NVDIA.

Dalam kesempatan ini, didemontrasikan dua hasil riset oleh dua mahasiswa doktoral Fasilkom UI yaitu dibidang pelacakan identitas mobil dan pemetaan emosional dan psikis manusia dari skaning wajah. (Hendrik Raseukiy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *