oleh

Rektor UNHAN : Wartawan Agen Bela Negara

Jakarta, TribunAsia.com –  Rektor Universitas Pertahanan (UNHAN) Mayjen TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP mengakui bahwa wartawan memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan negara Wartawan juga dinilai sebagai agen bela negara.

Menurut Tri dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan UNHAN Lasmono, media massa juga memiliki peran yang sangat penting untuk penyebaran informasi kepada masyarakat luas, serta berperan untuk pertahanan negara.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Hal itu diungkapkan dalam acara silaturahim dengan insan media dengan tema melalui semangat bela negara kita tingkatkan tali silaturahim dan sinergi UNHAN dan media masa. Acara yang digelar di Auditorium Kampus Bela Negara UNHAN di Kompleks IPSC, Sentul, Kabupaten Bogor, tersebut sudah menjadi agenda rutin UNHAN.

“Kami menyadari betul bahwa media masa memiliki peran yang sangat penting untuk menjembatani masyarakat luas, serta peran untuk kepentingan pertahanan negara. Tentunya kita semua memahami bahwa semua media masa harus memberitakan kebenaran atau fakta, bukan berita bohong atau hoaks,”.

Sebuah negara dapat hancur jika sebuah media yang harusnya berfungsi sebagai pemersatu bangsa justru sebaliknya memecah belah dengan opini-opini yang menyesatkan.

“Melalui pertemuan ini, saya mengajak insan pers untuk bersama-sama berperan mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini juga sebagai wujud dalam bela negara karena pada dasarnya setiap warga negara berhak dalam upaya bela negara sesuai profesi masing masing,”. Menjalin hubungan baik dengan media massa sangat penting untuk pencapaian publikasi yang maksimal dan berimbang dalam konteks pemberitaan yang positif.

“Acara ini juga sekaligus menyosialisasikan program-program UNHAN. Contohnya kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka pada 1 Maret hingga 5 April 2019, wisuda pascasarjana S-2 ilmu pertahanan yang akan dilaksanakan pada 21 Maret, dan di bulan Juli mendatang Unhan akan kembali menyelenggarakan Seminar Indonesia Internasional Defense Science Seminar (IIDSS),”. Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat UNHAN.

Program Beasiswa magister S-2 ilmu pertahanan, mekanisme penerimaan mahasiswa magister S-2 ilmu pertahanan, visi dan misi UNHAN, program studi yang diselenggarakan oleh UNHAN, juga kerja sama UNHAN dengan berbagai perguruan tinggi di dalam dan luar negeri. Tentang proses pendidikan dan pengajaran di UNHAN hingga sarana dan fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar di UNHAN. Di samping itu dijelaskan tentang kegiatan-kegiatan penelitian yang dilakukan mahasiswa UNHAN. (YS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *