oleh

PN Jaktim Beri Pelayanan Bantuan Hukum Gratis Bagi Masyarakat Tidak Mampu

Jakarta, TribunAsia.com – Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Pengadilan Negeri Jakarta Timur (Kasubag Humas PN Jaktim) menjelaskan, bagi masyarakat yang tersandung kasus hukum dalam hal ini tengah menjalani proses peradilan maka kata Dr Syafrudin Ainor Rafik SH MH bagi Terdakwa berhak memperoleh bantuan hukum.

Menurut dia, pengacara yang tersedia dikantor PN Jaktim tidak memungut biaya sepeserpun dengan syarat khusus bagi Terdakwa yang dinilai memiliki tingkat ekonomi lemah. Kemudian, Ainor pun memaparkan pihak pengadilan akan menunjuk langsung Advokat bila Terdakwa diancam dengan hukum diatas lima tahun lebih.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Kami tunjuk itu terkait hukuman lima sampai tujuh terkait bagi warga yang tidak mampu. Dalam hal ini mendampingi yang tidak mampu,” ungkapnya pada Selasa petang, (12/3/2019).

Selain itu, ditambahkan lagi menurutnya Terdakwa narkotika pun berhak memperoleh bantuan hukum secara gratis. Perlu diketahui, hukuman bagi Terdakwa dalam kasus narkotika dan obat-obatan terlarang akan diganjar hukuman belasan tahun.

Diperkirakan, ancaman bagi Terdakwa narkotika mulai dari 12 tahun hingga hukum mati menanti mereka. Atas hal tersebutlah disampaikan kembali, dalam proses hukum dipengadilan terutama diwilayah Jakarta Timur pihaknya memberikan pelayanan bantuan hukum kepada mereka yang berperkara.

“Terutama narkoba ancaman 12 sampai 15 tahun dan hukuman mati,” jelasnya.

Kemudian, Humas PN Jaktim pun turut memaparkan jika Terdakwa bersedia didampingi Penasehat Hukum pihaknya akan memfasilitasinya dengan catatan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan finansial.

Namun sebaliknya, meskipun dikantor pengadilan tersedia bantuan hukum gratis dan bilamana Terdakwa menolak pelayanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) maka diutarakan pihaknya tidak bisa memaksakan kehendak dari Terdakwa itu sendiri.

“Kalau bersedia dari Posbakum kalau tidak bersedia itu hak dia,” kata Ainor. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *