oleh

Ketagihan Gadget, Waktu Membaca Mahasiswa Berkurang Drastis

Jakarta, TribunAsia.com – Dunia mahasiswa adalah masa yang dipenuhi dengan ragam aktivitas intelektual, di dunia kampus pikiran perubahan tumbuh subur, menjadi mahasiswa menyebabkan seseorang sangat mudah mengakses aktivitas intelektual, mulai baca buku hingga melahirkan karya tulisan, akan tetapi suasana tersebut tidak sepenuhnya terjadi di dunia kampus hari ini, kecanduan terhadap gadget disinyalir menyebabkan berkurangnya waktu membaca secara drastis.

Aktivis mahasiswa asal Universitas Djuanda memandang kecanduan gadget telah melanda dunia mahasiswa.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Saat ini mahasiswa di berbagai kampus lebih senang menghabiskan waktu dengan gadget mereka dibandingkan membaca atau berdiskusi” jelasnya kepada TribunAsia.com, Selasa (5/3).

Berkurangnya waktu membaca bagi mahasiswa dinilai sebagai masalah serius.

“Ini masalah serius, bagaimana mungkin bisa lahir intelektual pro perubahan di kampus bila membaca saja sudah malas” sambungnya.

Di sisi lain penyerapan informasi yang sangat intens dari media sosial berpotensi mendangkalkan pikiran mahasiswa.

“Bila kerjanya hanya membaca informasi dari medsos maka sangat mungkin pikirannya juga dangkal, informasi yang tersebar di medsos hampir tidak memiliki akar yang kuat, asal usulnya sering tidak jelas, bahkan banyak hoax” terangnya.

Mahasiswa diharapkan mampu menciptakan sistem pengendalian diri agar tidak kecanduan gadget.

“Harusnya buat self control, misalnya buat target dalam sehari sekian jam waktu digunakan membaca, dan harus konsisten dengan target tersebut” pungkasnya.

Tidak dipungkiri mahasiswa nyaris tidak bisa memutuskan hubungan dengan gadget, tetapi manusia pasti mampu membuat sistem pengendalian diri agar tidak ber-gadget tanpa batas.

“Kalau lepas total hampir mustahil, tapi pasti mampu mengendalikan kemauan untuk berinteraksi melalui gadget” tutupnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *