oleh

Join dengan Badan Siber dan Sandi Negara Pemkot Depok Perkuat E-Gov

Depok, TribunAsia.com – Kepala Diskominfo (Kadiskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono menerangkan bahwa sistem electronic government (e-government) yang selama ini telah terbangun di kepemerintahan harus lebih dioptimalkan.

“Hal ini dimaksudkan untuk lebih mengefektifkan pelayanan publik di kota yang memiliki tagline Kota Bersahabat (Friendly City) tersebut,” ujar Sidik Mulyono.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Dilaporkan, Senin (4/3/2019) Diskominfo gelar Forum Rencana Kerja dengan perangkat daerah dan pihak terkait.

Sidik sebut, dalam penerapan e-government harus diperhatikan  keamanan data dari peretasan. Untuk itu, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menjamin keamanan data.

“Selain itu, kami sudah bekerja sama dengan BSSN untuk menjamin keamanan data. Saat ini, kami sudah memiliki Bidang Statistik dan Persandian yang akan menjadi pelopor dalam pelaksanaan pengamanan data dari peretasan,” imbuhnya.

Pada intinya program e-government permudah proses pelayanan publik dengan mengintegrasikan semua pelayanan berbasis teknologi informasi (TI) yang sudah terbangun.

Menurutnya, bahwa untuk mengoptimalkan e-government tersebut, maka pihaknya terus mengintegrasikan seluruh pelayanan berbasis TI dalam satu aplikasi yaitu Depok Single Window (DSW). Sebab, saat ini baru sebagian pelayanan dari Perangkat Daerah yang terintegrasi dengan aplikasi ini.

Dari tahun 2016 lalu pun sudah ada inisiatif dari seluruh PD dalam mengembangkan pelayanan berbasis TI, dan sekarang tinggal mengintegrasikan. Dioptimalkan, tahun ini data dari semua dinas dapat diintegrasikan sehingga tahun 2020 sudah bisa menampilkan seluruh pelayanan dalam satu aplikasi DSW. (Hendrik Raseukiy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *