oleh

Canggih, DeCOR Jadi Mata Telinga Kota Depok

Depok, TribunAsia.com – Semakin canggih saja cara Pemkot Depok memantau situasi dan menampung informasi dari warganya.  Baru baru ini Wali Kota Depok Muhammad Idris dan Kadis Komunikasi dan Informasi memperkenalkan sebuah teknologi Depok City Operatio Room (DeCOR), sebuah ruang kendali Kota Depok.

Dilaporkan tribun Jumat (1/3/2019). DeCOR ini terkoneksi dengan CCTV yang sudah dipasang di sejumlah tempat rawan dan juga, diantaranya pelayanan Area Traffic Control System (ATCS) yang dimiliki Dinas Perhubungan, Call Center dan pelayanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD)  112 dimiliki Diskominfo, NTPD 119 yang dimiliki Dinkes, pelayanan pemadam kebakaran serta pelayanan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Idris mengatakan, bahwa DeCOR merupakan pusat kendali terpadu yang terintegrasi dengan seluruh pelayanan di Kota Depok.

“DeCOR ini sebagai upaya penerapan satu diantara misi Kota Depok, yaitu penyelenggaraan pelayanan publik yang profesional dan transparan. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Setiap aduan yang dilaporkan warga segera secepatnya meresponkan ke instansi terkait. Misalnya ada kasus kriminalitas, laporan yang masuk melalui panggilan darurat 112 langsung diteruskan ke pihak Kepolisian sehingga penanganannya lebih cepat,” ujarnya.

Sementara itu Kadis Kominfo Kota Sidik Mulyono menjelaskan, sasaran utama layanan DeCOR ini untuk menyempurnakan pelayanan publik baik pelayanan kepada masyarakat maupun pelayanan ke dalam Pemarintah Kota Depok. Pembangunan DeCOR tersebut di biayai oleh APBD Kota Depok tahun 2018 dengan dua tahap pembangunannya. Tahap pertama melakukan pembangunan infrastruktur. Dan, tahap kedua difokuskan peningkatan perangkat teknologi seperti pengadaan server, rak server, dan perangkat lain yang menunjang terbentuk operation room. (Hendrik Raseukiy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *