oleh

Penyebab Kebakaran Dikawasan Industri Pulo Gadung Disebabkan Sampah

Jakarta, TribunAsia.com – Kebakaran penampungan terjadi di Kawasan Industri Pulo Gadung Jakarta Timur disebabkan sampah yang terbakar. Penyebab terbakarnya sejumlah rumah lapak barang bekas diakibatkan karena berbagai jenis barang mudah terbakar dan kemudian menyulut api semakin membesar.

Namun, Rokim (46) saksi mata menyebutkan penyebab utama terjadinya kebakaran, karena kelalaian salah seorang yang membakar sampah Senin malam (25/1) dilokasi lapak penampungan barang bekas.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Tadi sekitar jam 9 dari sampah, ada sekitar 15 rumah yang terbakar. Barang-barang segala macam ada sampahnya yang nyala,” kata korban kepada TribunAsia.com, (26/2/2019).

Selain itu kata dia, korban rumahnya yang hangus dilalap api berbahan dasar bangunannya terbuat dari kayu. Ditambahkan, api cepat menjalar bebas tempat lainnya dan menjalar ke tempat penyimpanan usaha barang bekas yang ditimbun didepan rumah korban.

Baca Juga : Selasa Dini Hari Kebakaran Terjadi di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur

“Apinya langsung  besar karena rumah kayu. Ya ada juga sebagian barang bekas. Kejadian pukul 9 (21.00 WIB),” terangnya.

Slamet Riyadi komandan regu suku dinas pemadam kebakaran menyampaikan, kejadian kebakaran barang-barang bekas diarea industri tidak menemukan jatuhnya korban. Kata dia, 13 rumah telah habis dilalap si jago merah dan korban berhasil menyelamatkan diri.

“Sepanjang ini belum ada laporan korban jiwa selama ini tidak ada. Tidak ada hambatan untuk menyelamatkan diri,” ujar Slamet.

Menurut dia, pada sekitar pukul 01.00 WIB dini setelah api padam, bersama tim tengah melakukan upaya pendingin meskipun titik api masih terlihat diberbagai sudut karena material barang-barang bekas mudah terbakar. Namun, terkait penyebab terjadinya kebakaran pihaknya enggan menjelaskan dengan alasan tugas aparat kepolisian.

“Damkar hanya menyelamatkan memadamkan api dan udah selesai kita balik kanan, itu wilayah Kepolisian,” jelasnya.

Selama proses pemadaman, 16 unit kendaraan pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi tersebut. Kemudian, kata petugas yang mengenakan seragam lengkap disampaikan tiap tim yang melakukan upaya penyemprotan sumber api berjumlah 5 orang.

“Untuk personil kita 16 unit semua dari wilayah Jakarta Timur, belum ada bantuan dari wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Selatan sekarang masih wilayah timur semua,” tandas tim Damkar. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *