oleh

Pasangan Terpisah Jarak, Komunikasi Kunci Keharmonisan Rumah Tangga

Jakarta, TribunAsia.com – Semua pasangan suami istri pasti menghendaki tinggal dalam satu atap yang sama, siang malam selalu bersama, suka dan duka dijalani bersama dalam rumah, akan tetapi banyak pasangan tidak mampu merasakan hal tersebut, mereka terpaksa hidup terpisah oleh jarak, penyebabnya beragama namun paling umum urusan pekerjaan, bila situasinya seperti ini komunikasi memainkan peran kunci.

Kondisi ini persis dialami Hani (35), lelaki yang tinggal di Galur, Senen, Jakarta Pusat. Meski baru menikah, ia terpaksa harus hidup terpisah dengan istrinya karena faktor pekerjaan, sang istri Nindiya (29) menetap di Jawa Tengah.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Saat mengobrol santai di Kantor KUA Senen Jakarta Pusat, pria bertubuh gempal ini menjabarkan bahwa hanya komunikasi via video call WhatsApp yang bisa menjadi obat rindu diantara mereka.

“Kalau rindu ya video call mas, pakai WA, palingan hanya itu caranya” ungkapnya, Kamis (21/2).

Menurut Hani, kualitas komunikasi antara pasangan yang terpisah jarak sangat menentukan Keharmonisan rumah tangga.

“Sangat penting mas, komunikasi harus bagus, rutin, wajib itu” sambungnya.

Kecurigaan terhadap pasangan akan tertepis dengan sendirinya bila komunikasi terjalin baik.

“Biasalah mas, kalau kita yang hidup terpisah ini bawaan was-was dan curiga pasti ada, nah itu hanya bisa diatasi dengan rutinnya kita komunikasi” urainya.

Meskipun demikian, Hani tidak menampik masalah kerentanan komunikasi hanya terjadi dalam pasangan yang tidak tinggal bersama, baginya pasangan yang tinggal serumah juga bisa mengalami masalah sama.

“Sebenarnya bisa juga pada yang tinggal serumah, karena terlalu sibuk dengan kerjaan masing-masing mungkin jadinya sering terjadi kesalahpahaman” katanya.

Di bagian akhir perbincangan, dirinya berpesan agar hidup terpisah sebaiknya dihindari karena potensi terjadinya cekcok cukup tinggi.

“Kalau disuruh milih nih, udah pasti maunya tinggal serumah, cuma ya gimana lagi, mungkin saatnya akan tiba nanti” tutupnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *