oleh

Diduga Salah Konstruksi, Turap Proyek Perumahan Longsor Timpa Rumah Warga di Kota Depok

Depok, TribunAsia.com – Perumahan Tirta Mandala, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong Kota Depok, Jawa Barat terendam banjir akibat ambruknya turap tebing proyek perumahan baru Cluster Azzura. Akibatnya, satu rumah warga dan pos satpam di Perumahan Tirta Mandala rusak lantaran tertimpa timbunan material beton dan tanah. Tiada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Dilaporka Rabu (20/2/2019). material longsoran turap ini menutupi aliran air Kali Jantung. Efeknya, puluhan rumah warga Tirta Mandala terendam banjir sekitar setengah meter.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Disebutkan seorang warga, Rasiman (65), ketika kejadian juga sedang turun hujan sekitar jam 15.30 WIB. Warga Tirta Mandala menduga ambruknya turap ini lantaran salahnya kontruksi turap perumahan Azzura yang memang lahan berletak di atasi, lebih tinggi dari lahan perumahan Tirta Mandala.

“Waktu kejadian saya sedang di luar rumah. Saya dengar suara bruukkk kenceng banget. Pas saya masuk ke rumah saya, saya lihat kumpalan debu tebal ternyata dari runtuhan tembok perumahan di atas,” katanya Rasiman pemilik rumah yang rusak di lokasi kejadian.

Akibat kejadian ini, dia harus merelakan kamar dan dapurnya hancur. “Enggak tahu deh nanti gimana tidurnya. Untung waktu kejadian enggak ada yang lagi di dalam,” katanya.

Sedangkan Lurah Sukamaju Nurhadi yang meninjau lokasi mengatakan, untuk mengatasi masalah rumah yang rusak, Kali Jantung yang tertutup timbunan dan banjirnya perumahan, sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Depok untuk mengerahkan alat berat ke lokasi.

“Kami koordinasikan ke PUPR agar segera dikerahkan backhoe untuk mengangkut material longsoran,” ujarnya.

Sebut Nurhadi segera melakukan penyelidikan terkait dugaan adanya kesalahan kontruksi pembangunan turap sehingga menimbulkan kerugian kepada sejumlah warga dan memanggil pengembang Perumahan Azzura. (Hendrik Raseukiy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *