oleh

Terbukti Bawa Sabu-Sabu Oknum PNS Kemenhub dan Pilot Jatuhi Hukuman 8 Bulan Penjara

Jakarta, TribunAsia.com – Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Perhubungan dan pilot pesawat penerbangan swasta terbukti membawa sabu-sabu dijatuhi hukuman 8 bulan penjara di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Dalam persidangan narkotika jenis sabu-sabu, duduk selaku Pimpinan Majelis Hakim Siti Zamjanah, SH MH bersama Posma P Nainggolan SH MH dan Maslikan SH MH menjatuhkan vonis kepada kedua terdakwa Bayu Chandra dan Buriang.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Ini putusan yang kami jatuhkan. Pikir-pikir selama satu minggu,” kata Siti setelah membacakan putusan hukuman kepada Terdakwa.

Baca Juga : Konsumsi Sabu-Sabu PNS Kemenhub dan Pilot Menyebutkan Akan Dipakai di Yogya

Perlu diketahui, sebelum di vonis dari kedua orang Terdakwa disita barang bukti dan alat-alat untuk menghisap sabu-sabu. Adapun biaya perkara yang harus dibayar Terdakwa narkoba itu senilai Rp 5000,-.

“Biaya perkara lima ribu rupiah,” ungkapnya, Senin (18/2/2019).

Bayu Chandra dan Buriang selama persidangan tanpa didampingi Kuasa Hukum dan yang bersangkutan ditangkap aparat kepolisian di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur ketika hendak bertolak ke Yogyakarta, Jawa Tengah.

Namun, jaksa penutut umum (JPU) dari Kejaksaan Negeri Jakarta Timur menyampaikan disela-sela putusan terhadap kedua Terdakwa yang terbukti melakukan pelanggaran hukum atas penggunaan narkotika.

Kata Budi Setio SH, kedua Terdakwa diputus oleh Majelis Hakim PN Jaktim dengan pertimbangan belum pernah dihukum dan memiliki tanggung jawab terhadap keluarga.

“Vonis 8 bulan, karena yang bersangkutan belum pernah dihukum dan punya tanggung jawab keluarga,” ujar JPU kepada TribunAsia.com.

Kendati demikian, dia mengatakan barang bukti yang didapati dari Bayu Chandra dan Buriang seberat 0,310 gram dikenakan dengan Pasal 127.

“Barang bukti 0,310 gram, Pasal 127,” kata Budi.

Ia pun menambahkan, bahwa kedua Terdakwa diamankan petugas kepolisian di Airport Halim Perdanakusuma Jakarta Timur dan terbukti menggunakan narkotika jenis sabu-sabu.

“Bayu Chandra dengan Buriang, dia pengguna yang ditangkap di Airport Halim,” sebut penutut umum. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *