oleh

Beri Pelayanan Prima, Pencanangan Zona Integritas di PN Jaktim Didukung Ombudsman RI

Jakarta, TribunAsia.com – Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjelaskan pencanangan zona integritas untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat agar terhindar dari praktek korupsi kolusi dan nepotisme (KKN). Sumino SH MH mengatakan, semua pihak dapat mengingatkan pengadilan dan mengawasi agar lebih efektif.

“Meningkatkan kesadaran pada seluruh aparat apa yang seperti di katakan tadi kita tidak akan melakukan korupsi kolusi dan nepotisme. Memberikan pelayanan yang prima. Perbaikan itu ada reformasi birokrasi itu-kan,” kata Kepala PN Jaktim.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Kata dia lagi, Ombudsman RI mendukung langkah-langjah yang diterapkan pengadilan demi memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat. Dengan terbuka, menurut Sumino bila terdapat indikasi pelanggaran administrasi bisa segera melaporkan ke Ombudsman

“Itu mendukung lah komitmen mendukung Ombudsman. Barangkali dengan kinerja nyata barangkali kurang baik itu kan mal administrasi bisa dilaporkan ke Ombudsman, jadi dengan adanya komitmen ini,” jelas Sumino kepada TribunAsia.com, Jum’at (15/2/2019).

Disamping itu, pencanangan zona integritas selain Ombudsman RI termasuk dihadiri pimpinan forum kota, kepolisian, personil Kodim dan tokoh masyarakat. Namun, saat ini pelayanan di PN Jaktim dapat lebih efektif dengan terbangun pelayanan PTSP.

“Dalam acara ini kita undang pimpinan forum kota, ada tokoh-tokoh masyarakat yang lain itu maksudnya untuk menjaga dan mengingatkan pengadilan ini apa namanya kurang tepat dalam mengambil keputusan. Jadi, anda semua (wartawan) bisa menjadi menjadi menjadi mengawasi semua kita akan berusaha lagi agar lebih baik lagi begitu,” imbuhnya.

“Birokrasi apa dikatakan itu ruwet, sekarang PTSP apa namanya ini kan mereformasi diri ini kita. Kan kita akan perbaiki se-efektif mungkin,” tandasya.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pengadilan Negeri Jakarta Timur (Kabaghumas PN Jaktim) Dr Syafrudin Ainor Rafiek SH MH menambahkan, seluruh pegawai di lingkungan pengadilan berkomitmen untuk tidak melakukan tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme.

“Karyawan pengadilan semuanya berikrar. Komitmen aja kita tidak melakukan korupsi hal-hal yang dilarang juga. Pencanangan pembangunan zona integritas bebas dari korupsi dan ada juga wilayah birokrasi bersih melayani dilingkungan instansi pemerintah, khususnya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur,” ungkap Ainor.

Kendati demikian, dia pun mengulas kembali tentang zona integritas untuk mempertahankan akreditasi di PN Jaktim Kelas 1A Khusus yang sebelumnya sempat menyandang prestasi peringkat 3 se-Indonesia. Bahkan, Ainor mengharapkan kekompakan seluruh pegawai dilingkungan PN Jaktim untuk meningkatkan kinerja dengan fasilitas kemajuan teknologi.

“Statement dari Pak KPN (Sumino) adalah tentang kemajuan-kemajuan teknologi dan sekarang juga untuk mempertahankan kinerja di Pengadilan Negeri Jakarta Timur khususnya. Yang rangking 3 khususnya kita harus meningkatkan kinerja. Kita kompak satu dengan yang lain sehingga untuk mempertahankan akreditas A dan untuk mempertahankan juara 3 di seluruh Indonesia,” ujarnya. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *