oleh

JTF Kembangkan Kota Tua Bersama Pelaku Pariwisata

Jakarta, TribunAsia.com – Jakarta Tourism Forum (JTF) kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang ke-10 dengan tema “Sinergi Pengembangan Kawasan Kota Tua” yang dilaksanakan pada Rabu 13 Februaru 2019 sekitar pukul 17.00-21.00 Wib di Museum Bank Mandiri. Perlu diketahui, kegiatan FGD merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh JTF dalam rangka membahas, menerima masukan dan keluhan serta solusi dari para pelaku industri pariwisata di DKI Jakarta.

Ketua JTF Salman Dianda Anwar, menyampaikan bahwa kawasan Kota Tua Jakarta merupakan salah tujuan wisata yang memiliki potensi besar yang dapat menarik wisatawan tidak hanya lokal maupun luar negeri bagi yang ingin melihat wajah dan saksi sejarah Jakarta di masa lalu.

banner 336x280

“Dalam FGD disampaikan bahwa pengembangan dan penataan  Kota Tua harus dituangkan dalam sebuah rencana utama atau grand desain yang memerlurkan sinergi dan dukungan semua pihak. Yang seperti Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Bina Marga, Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan serta pelaku usaha industri pariwisata dan masyarakat di sekitar kawasan Kota Tua,” jelasnya kepada TribunAsia.com, Kamis (14/2/2019).

Selain itu, peran Dinas terkait diharapkan melakukan pendataan dan pembinaan terhadap para PKL di kawasan Kota Tua secara terus berkelanjutan sehingga tidak menggangu kebersihan dan ketertiban Kota Tua.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Trisno Nugroho yang selaku pihak pendukung acara FGD semalam menyampaikan mendukung Sinergi untuk kemajuan pariwisata kawasan Kota Tua yang menarik dan “memorable” untuk meningkatkan industri pariwisata DKI Jakarta sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta yang saat ini menempati peringkat ke-2 .

“Secara nasional (6.17%) di bawah Daerah Istimewa Yogyakarta (6,20%) dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat DKI Jakarta,” tandas Trino.

Dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata DKI Jakarta, Jakarta Tourism Forum fokuskan objek wisata Kota Tua dengan bekerja sama oleh berbagai pihak. Kedepan akan mengadakan kegiatan even Internasional yang disenergikan dengan destinasi wisata seperti  pelaksanaan Jet Racer, Lomba Jet Sky Internasional.

“Yang akan dihelat akhir maret 2019 di ancol serta event seperti Abang None, Java Jazz, Jakcarnaval, Festival Silat Dunia, Jakarta Melayu International Fastival dan sebagainya,” sebutnya.

Kemudian, Salman menyampaikan dalam pertemuan Ke-11 JTF akan membahas pulau seribu sebagai “Bali Baru Indonesia”.

“Dengan segenap stakeholder kemungkinan dalam minggu depan, kami telah berkoordinasi Bupati Pulau Seribu, pelaku pariwisata dan Dinas terkait. Serta selajutnya FGD MRT sebagai pendukung wisata dalam rangka mewujudkan Jakarta sebagai salah satu destinasi wisata berkelas dunia dan menjadikan Jakarta sebagai pusat halal dunia,” kata Salman. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *