oleh

RUU Pesantren Dorong Pemerintah Beri Bantuan Khusus ke Pondok, Bukan Campuri Sistem Pembelajaran

Jakarta, TribunAsia.com – Rancangan Undang Undang tentang pesantren dan pendidikan keagamaan merupakan ikhtiar DPR mendorong pemerintah memberikan alokasi dana khusus kepada pesantren, sama sekali tidak bermaksud mencampuri sistem pembelajaran di pesantren, penegasan tersebut disampaikan Ahmad Fauzan, Anggota Panja RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan.

“Ini murni ikhtiar untuk mendorong pemerintah mengalokasikan bantuan dana untuk pesantren, dananya bisa dari APBN atau APBD” jelasnya di Kompleks Parlemen, Selasa (12/2).

banner 336x280

Selama ini pemerintah sering berdalih tidak maksimalnya bantuan terhadap pesantren karena tidak ada UU yang secara tegas mengaturnya.

“Sekian lama pemerintah khususnya pemerintah daerah beralasan tidak bisa mengeluarkan uang APBD untuk pesantren karena tidak ada aturannya, nah sekarang kita godok aturan tegasnya” tegasnya.

Sangat beralasan bila pemerintah dituntut memberikan bantuan khusus kepada pesantren, sebab selama ini pesantren punya peran besar dalam membentuk dan menjaga akhlaq dan toleransi antara umat beragama.

“Pesantren memiliki peran penting dalam memajukan pendidikan, oleh sebab itu pemerintah harus memberikan bantuan khusus termasuk dana, pendidikan agama dibutuhkan guna menjaga akhlaq, moral, dan toleransi antar agama” pungkas Fauzan.

Banyak pesantren yang ijazahnya tidak diakui, padahal pesantren sudah ada sebelum kemerdekaan, Negara melalui aparatnya juga sering berkonsultasi kepada pesantren, situasi ini termasuk memprihatinkan.

Perlu pemahaman baik dalam memaknai pesantren, sekarang adalah rezim sekolah sehingga pesantren dipahami sebagai sekolah akibatnya kekhasan dan keunggulan pesantren diabaikan yakni sebagailembaga dakwah dan lembaga pemberdayaan masyarakat, bukan hanya lembaga pendidikan, pemerintah harus tegas mengakui bahwa pesantren merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *