oleh

Kunjungan Komisi IV DPR RI di Balai Pengelolaan Sumber Daya Laut Sulsel

Makassar, TribunAsia.com – Anggota Komisi IV DPR RI, Irwan Zulfikar, bersama rombongan komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan, tepatnya ke Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut, kunjungan ini dalam rangka pelaksanaan fungsi pengawasan atas pengelolaan meliputi perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan sumber daya pesisir dan pulau-pulau kecil.

Dalam Kunker kali ini hadir pula tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), secara khusus KKP memaparkan pentingnya dukungan atas penanganan, pengawasan dan pemberdayaan masyarakat pesisir serta integrasi nasional untuk melindungi sumber daya laut dan pesisir dalam rangka keberlanjutan sumber daya ikan nasional terjaga agar generasi muda dapat menikmatinya.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Pemanfaatan SDI yang tidak terkendali dan kerusakan lingkungan menyebabkan sebagian SDI rentan mengalami ancaman kepunahan.  Diperlukan instrumen kontrol untuk dapat memastikan kelangsungan dan keberlanjutan SDI melalui upaya konservasi.

Pada kesempatan ini, Irwan Zulfikar yang juga merupakan putera asli Jeneponto mengharapkan sinergitas antara DPR dengan kementerian kelautan dan perikanan, pelaku usaha, LSM,  lembaga pendidikan sektor perikanan dan konservasi serta UMKM perikanan pesisir guna mendorong penguatan usaha sentra bisnis berbasis pembedayaan yang modern dan efektif, sehingga menarik eksportir dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Harapan kami sinergi antara semua stake holder dapat memperkuat ekonomi umum perikanan di pesisir, baik permodalan, pemberdayaan maupun layanan yang modern sehingga pulau-pulau di pesisir kita lebih produktif dan terasa manfaatnya bagi masyarakat” Harap Irwan, Kamis (7/2).

Selain itu DPR sebagai lembaga yang konsen pada pengawasan dan evaluasi program akan bekerja maksimal untuk mendorong regulasi penguatan pengelolaan dan peningkatan penguatan kelembagaan konservasi di KKP dan dukungan alokasi pendanaan untuk program-program konservasi SDI

“Insya Allah DPR siap mendorong regulasi penguatan kelembagaan KKP di pesisir dan dukungan alokasi pendanaan untuk kepentingan masyarakat pesisir”, ujarnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *