oleh

Masuk Daerah Terpencil, Fasilitas Sanitasi Warga Nyalindung Memprihatinkan

Bogor, TribunAsia.com – Bagi masyarakat umum yang hidup di era modern, ketersediaan sanitasi layak adalah sesuatu yang mutlak, terlalu sulit membayangkan kehidupan berjalan normal tanpa fasilitas sanitasi memadai, namun tidak demikian dengan warga Kampung Nyalindung, Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Situasinya memprihatinkan, sekitar seratus rumah yang berada di kampung tersebut, tidak sampai sepuluh rumah memiliki sanitasi.

Masyarakat setempat mengaku fasilitas sanitasi yang jauh dari kata layak menjadi hambatan serius bagi kehidupan, kondisi tersebut sebagaimana dituturkan oleh Sulistiya, salah satu warga kampung.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Kalau sanitasi sangat memprihatinkan pak, tidak sampai sepuluh rumah punya sanitasi, standar sehat sangat jauh” ucapnya kepada TribunAsia.com, Senin (4/1).

Lanjut Sulistiya, masyarakat sudah sering menyuarakan minimnya fasilitas sanitasi di Nyalindung, akan tetapi pemerintah setempat dinilai tidak menunjukkan respon serius.

“Kalau mengeluh, menyampaikan unek-unek sudah, bahkan sangat sering, tapi semuanya hanya diladeni bicara tanpa ada bukti” tambahnya.

Pengakuan serupa disampaikan Rokayah, warga lainnya, dia secara terbuka menyebut warga setempat seolah sudah frustasi menyampaikan pengaduan, penyebabnya aspirasi mereka tak kunjung direspon dalam bentuk tindakan.

“Kita ini kadang bosan juga, berkali-kali menyampaikan keluhan tentang kondisi menyedihkan di kampung ini tapi seolah diabaikan, buktinya tidak ada tindakan nyata” pungkasnya.

Yang lebih menyedihkan baginya, karena pengaduan masyarakat justru terkadang direspon negatif pemerintah setempat.

“Paling tidak enak karena pengaduan kita bukannya diterima secara terbuka, malah kita dicurigai, dikira mengkomporilah atau apalah kecurigaan negatif lainnya” imbuhnya.

Kampung Nyalindung memang jauh dari hiruk pikuk keramaian, sekilas tidak nampak dari luar bahwa ada perkampungan di area itu, penyebabnya karena kampung ini dikelilingi hutan, sehingga dari luar yang nampak hanya hutan, dalam kondisinya yang serba kekurangan seharusnya Kampung Nyalindung mendapat perhatian khusus dari pemerintah, khususnya dari segi fasilitas pelayanan publik. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *