oleh

Memilukan, Anak Kampung Nyalindung Jalan Kaki 4 Kilometer Menuju Sekolah

Bogor, TribunAsia.com – Kondisi yang dialami masyarakat Kampung Nyalindung sangat memprihatinkan dari sisi pendidikan, di Kampung ini tidak satupun sekolah SD hingga SMA yang tersedia, anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan terpaksa harus berjalan kaki sekita 4 Kilometer Menuju sekolah yang letaknya berada di luar kampung.

Tidak tersedianya sekolah sudah lama menjadi keprihatinan masyarakat Kampung Nyalindung, hal ini sebagaimana dituturkan,Yayan, tokoh masyarakat setempat.

banner 336x280

“Kalau prihatin pasti pak, sudah bertahun-tahun anak-anak jalan kaki terus, jaraknya sangat jauh, kadang mereka istirahat’ di tengah jalan karena capek” ungkapnya kepada Tribun Asia.com, Kamis (24/1).

Kampung Nyalindung yang terletak di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, merupakan daerah yang sangat tertinggal dari segi pendidikan, di Kampung ini masih ada pemuda yang hanya lulusan SD.

“Dari sisi pendidikan kami masih rendah, anak mudanya saja masih banyak tamatan SD, jarak yang sangat jauh menuju sekolah jadi salah satu penyebabnya” pungkasnya.

Orang tua tidak jarang merasa khawatir dengan keselamatan anaknya, untuk sampai ke sekolah anak-anak harus melalui hutan yang tak berpenghuni.

“Anak saya juga sekolah, sebagai orang tua pasti khawatirlah, tapi bagaimana lagi, kalau tidak sekolah masa depan mereka lebih tidak ada harapan lagi” beber Yayan.

Jika berangkat menuju sekolah, para anak biasanya berjalan secara bergerombol, ini mereka lakukan demi menjaga keselamatan bila sewaktu-waktu ada hal tak diinginkan tiba-tiba terjadi.

“Anak jalan bergerombol, mereka takut kalau jalan sendiri, ini juga terkait keselamatan” imbuhnya.

Pihaknya berharap pemerintah sebagai pelayan masyarakat memperhatikan nasib warga Kampung Nyalindung, khususnya masalah pendidikan.

“Pemerintah perhatikanlah kami, kami butuh pendidikan yang layak, bagaimana bisa maju kalau sekolah saja tidak ada di kampung kami” paparnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *