oleh

Kenalkan Anak Sejak Dini pada Lingkungan

Bogor, TribunAsia.com – Pemahaman akan lingkungan sangat penting bagi anak, bila anak mampu memahami lingkungan sejak kecil, maka kepedulian mereka terhadap lingkungan juga akan tumbuh lebih awal, hal ini menjadi pemahaman mendasar di PAUD Merpati, sekolah anak usia dini yang terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Setiap sekali sepekan, para pengajar PAUD memberikan waktu khusus kepada siswa membangun interaksi yang lebih dekat dengan lingkungan.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Di PAUD kami diadakan sesi pembelajaran lingkungan, itu dilaksanakan sekali dalam sepekan, biasanya pada hari Kamis” ucap Apep Syaiful Irsad, Kepala Sekolah PAUD Merpati, Jumat (18/1).

Pantauan TribunAsia.com, pembelajaran lingkungan dikemas dengan gaya sederhana, sesuai dengan tingkat pemahaman anak usia dini, siswa dikumpulkan di alam terbuka lalu diminta menunjuk dan menyebutkan tanaman apa saja yang ada di sekitarnya.

“Beginilah modelnya, di alam terbuka, supaya anak-anak lebih senang, lebih menikmati pembelajaran” tambahnya.

Dengan pengenalan terhadap lingkungan, kelak di masa mendatang anak diharapkan mampu menjadi perintis penyelamatan lingkungan.

“Tidak menutup kemungkinan dari pembelajaran ini, ada anak yang akan menjadi pelopor penyelamatan lingkungan, paling tidak terhadap lingkungan di sekitarnya” pungkasnya.

Dalam pembelajaran ini, orang tua siswa juga hadir, kehadiran mereka selain mengantar anak masing-masing, juga melihat langsung prosea pembelajaran anaknya di PAUD. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *