oleh

Komunitas Avanza-Xenia Club Indonesia Ciptakan Bemper Pengamanan Mobil

Jakarta, TribunAsia.com – Miliki keahlian di bidang teknik las, seorang anggota yang tergabung didalam komunitas Avanza-Xenia Club Indonesia (AXCI) ciptakan (Towing Bar) aksesoris bemper pengaman mobil. Kata Roma Asmara, dirinya baru pertama kali mendapat order dari rekan-rekan sesama anggota komunitas roda empat tersebut. Ia turut menyampaikan, 2 buah pesanan bemper telah dikerjakan dalam waktu singkat dan karya ditanganinya itu mampu mendatangkan nilai ekonomi.

“Ini baru pertama kali ada yang pesan dari (AXCI) untuk mobil Avanza dan Xenia, asal tembus satu komunitas aja lumayan. Bemper belakang mobil pertama kali dibuat karena pesanan. Manfaatnya aksesori sekaligus pengaman benturan dari belakang, kalau fokus satu (unit towing bar) paling enggak 3 sampai 4 hari jadi. Anggota (komunitas) 500 orang aja lebih kan se-Indonesia baru terbentuk 10 chapter,” jelasnya kepada TribunAsia.com, Sabtu (12/1/2019).

Menurut Ketua Chapter Jakarta Raya, harga Towing Bar di pasaran berkisar Rp 650 ribu hingga Rp 850 ribu. Saat pembuatan, dia menjelaskan perbedaan bahan yang dipilih jauh lebih kokoh dari Towing Bar yang dijual dipasaran karena, material plat yang dipakai lebih tebal dibandingkan dengan merk lainnya. Terlebih, Roma menambahkan, asesori bemper pengaman bagian belakang dilengkapi lampu rem.

“Kalau merk lain paling murah 650 ribu untuk tipe mobil yang sama tapi plat dan holonya tipis. Kalau ini pipa holongnya 2 mili  dan plat braketnya 6 mili dan bedanya diplat kanan kirinya ada lampu rem dan lampu kota,” tandasnya.

Bengkel las yang terletak di Buaran Jakarta Timur itu juga melayani perbaikan tangki dan merombak total seruluh bodi sepeda motor menjadi custom. Kemudian, dikatakan Yudi, pelanggan yang datang untuk modifikasi rata-rata masih duduk di bangku perguruan tinggi yang senang dengan design klasik.

“Kalau perbaikan tangki motor yang ringan-ringan 100 hingga 200 ribu. Kalau perbaikan tangki motor yang parah (rusak) bisa sampai 400 ribu. Selera mayoritas anak-anak mahasiswa,” katanya.

Ditambahkan, Yudi saat ini tengah menggarap sepeda motor Suzuki tipe GSX 125 CC dengan merombak keseluruhan bentuk dasar motor tersebut. Casis serta roda-roda depan dan belakang turut diganti total dari kondisi standar pabrik.

“Sekarang lagi garap Suzuki GSX 125 CC merubah bodi sama kaki-kaki termasuk ban. Motor custom merombak keseluruhan dari motor standar pabrik dirubah menjadi motor klasik. Karena motor saat ini terlalu mahal jadi bisa disesuaikan,” ujar Yudi. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *