oleh

Pengajar PAUD Perlu Tingkatkan Profesionalisme

Bogor, TribunAsia.com -Menjadi pengajar di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) membutuhkan keterampilan khusus, bukan hanya kecerdasan mengelola kelas, lebih dari itu dibutuhkan pula kestabilan emosi dalam menghadapi anak usia dini, perlu kreatif menghadapi anak, untuk mencapai semua itu tentu tidak instan, perlu latihan dan pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalisme sebagai guru PAUD.

Pemerhati anak usia dini, Yulia Jazilah, memandang profesionalisme sebagai hal mutlak yang wajib dimiliki guru PAUD.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Pendidik di PAUD wajib terus berupaya meningkatkan profesionalismenya dalam semua hal, ini mengingat anak usia dini butuh penanganan tepat” ungkapnya saat menyempatkan diri mengunjungi PAUD Dahlia di Parung, Bogor, Kamis (10/1).

Menurutnya pendidik PAUD harus memanfaatkan setiap program pelatihan dari manapun penyelenggaranya.

“Bila ada tawaran pelatihan pengembangan profesi maka manfaatkan dengan baik, tidak usah pilih-pilih, itu namanya kesempatan emas” sambungnya.

Dalam banyak kasus, hambatan yang biasanya dihadapi pendidik terkait lamanya waktu pelatihan.

“Guru terkadang tidak ikut karena pelatihannya nginap, biasanya persoalannya karena anak belum bisa ditinggal atau suami tidak mengizinkan” imbuhnya.

Menyikapi masalah tersebut, pemerintah atau penyelenggara pelatihan perlu berpikir kreatif.

“Bila masalahnya begitu maka harus kreatif pemerintah, misalnya mengadakan pelatihan yang mudah diakses guru bahkan kalau perlu yang memungkinkan mereka pulang balik” pungkasnya.

Di sisi lain dirinya juga mengingatkan kepada para guru, bahwa untuk meningkatkan profesionalisme memang harus berkorban, termasuk pengorbanan waktu bersama keluarga. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *