oleh

Jangan Menakuti Anak

Bogor, TribunAsia.com – Kondisi psikologi anak sangat penting diperhatikan orang tua, anak harus selalu dibuat nyaman dengan dunianya, tentu dengan cara benar, anak yang mendapat kesempatan menikmati dunianya kelak akan tumbuh menjadi manusia kreatif, tidak melakukan tindakan yang menyebabkan anak ketakutan merupakan salah satu cara membuat mereka senang dengan dunianya.

Praktisi pendidikan anak usia dini, Dian Fikriani, menyebut cara berinteraksi dengan anak sangat perlu diperhatikan, jangan sampai secara sengaja atau tidak ada hal tertentu dari model interaksi kita yang membuat mereka takut.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Berinteraksi dengan anak harus sangat humanis, jangan sampai mereka dibuat takut, misalnya kita membuat guyonan yang menurut kita lucu tapi mereka justru merasa takut” ucapnya dalam workshop pendidikan anak usia dini di Eat and Play Cafe, Semplak, Bogor, Rabu (9/1).

Menakuti anak bisa mendatangkan masalah beruntun, sangat mungkin anak akan menjadi trauma.

“Kalau si anak sudah takut biasanya mereka gampang trauma, ini masalah serius” terangnya.

Rasa trauma bisa merusak kepribadian anak, kepercayaan dirinya menurun bahkan hilang, keceriaan boleh jadi berkurang.

“Trauma bagi anak bukan masalah sepele, bisa mendatangkan masalah selanjutnya, contoh merosotnya kepercayaan dirinya di lingkungan pergaulannya” pungkasnya.

Pihaknya berharap kepada semua orang tua dan dewasa agar lebih fleksibel saat bergaul dengan anak-anak, sebisa mungkin buat mereka senang dan nyaman, dengan begitu keakraban akan terbangun.

“Poinnya ciptakan suasana senang saat bergaul dengan anak-anak, dengan begitu mereka akan sangat terbuka, merasa bebas seolah sedang bergaul dengan teman dekatnya sendiri” tutupnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *