oleh

Era Jokowi Petani Merasa Tercekik

Bulukumba, TribunAsia.com – Era pemerintahan Jokowi dinilai banyak mendatangkan kesengsaraan bagi petani, komoditas pertanian yang biasanya menjadi andalan petani harganya rata-rata jatuh di pasaran, akibatnya petani merasa kesusahan, suasana ini dirasakan oleh Siti Hartina, salah satu petani asal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Dalam penilaian Siti, nama akrabnya, praktis satu tahun belakangan harga komoditas pertanian di Bulukumba terus menurun.

banner 336x280

“Harga terus turun, tidak pernah naik” ucapnya kepada Tribun Asia.com, Rabu (26/12).

Suasana sangat memprihatinkan dirasakan petani di Bulukumba, karena harga yang terus merosot mereka memilih tidak menjual hasil pertaniannya.

“Petani-petani disini lebih memilih simpan hasil taninya, kalau dijual hanya rugi” terangnya.

Selama ini Bulukumba dikenal sebagai salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang kaya akan lahan pertanian, ada bermacam-macam komoditas pertanian di daerah ini seperti cengkeh, merica, coklat, panili dan padi. Masyarakat Bulukumba banyak yang menggantungkan hidup dari hasil pertanian.

Dalam situasi ketidakpastian ekonomi yang berefek pada komoditas pertanian, petani terkena langsung dampak negatifnya.

“Kita benar-benar merasa susah, bagaimana tidak, harga bahan pokok semakin mahal sementara penghasilan semakin menurun” tegasnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *