oleh

Oknum Sipir Cipinang Jadi Tersangka Setelah Meloloskan Tahanan Narkoba yang Divonis Seumur Hidup

Jakarta, TribunAsia.com – Oknum petugas bagian Tata Usaha (TU) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur yang membantu meloloskan tahanan narkotika kini menjadi tersangka di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.

Diketahui, Muhammad Said masih dalam proses persidangan dijerat dengan vonis seumur hidup dan berhasil kabur atas bantuan Yuhanita petugas TU Rutan Cipinang.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Dengan menumpangi dibalik jok Nissan Grand Livina tahanan narkotika itu berhasil bebas dan Yuhanita sebelumnya diiming-imingi uang diperkirakan mencapai Rp 2 miliar oleh Muhammad Said.

Kasubag Humas Ditjenpas Rika Apriyani mengatakan, petugas sipir yang membantu pelarian tahanan tersebut, kini telah menjalani pemeriksaan berstatus tersangka di Polda Metro Jaya.

“Yang bersangkutan sudah berada di Polda dengan status tahanan sudah tersangka. Satu orang oknum petugas dari Rutan Cipinang tersangka itu atas nama YN. Pasti ada iming-iming (imbalan),” jelas Rika kepada TribunAsia.com, Sabtu (15/12/2018)

Kaburnya Muhammad Said, dibantu salah seorang oknum petugas diketahui pada hari Sabtu (8/12) lalu. Hingga kini, dikabarkan belum tertangkap dan petugas gabungan baik dari kepolisian dan satgas Rutan DKI Jakarta masih melakukan pengejaran terhadap tahanan narkotika itu.

“Tetapi masih proses pencarian dari kepolisian dan satgas DKI Jakarta dan tim kita juga dari Rutan Cipinang,” Rika.

Kemudian, dia menambahkan, oknum sipir itu nekat mengambil resiko meskipun telah dijanjikan oleh narapidana dalam membantu proses pelarian. Dikatakan kembali, Muhammad Said yang telah kabur di Rutan Cipinang menjalani proses hukuman seumur hidup.

“Pasti ada iming pasti ada janji maka dia berani menempuh resiko seperti itu dari narapidana yang bersangkutan. Sudah divonis seumur hidup,” bebernya.

Kejadian tersebut dilatarbelakangi, oknum petugas sipir yang telah dijadikan tersangka oleh polisi itu, telah lama menjalin hubungan asmara dengan tahanan narkoba. Dan dari hasil pengecekan melalui CCTV Yuanita diduga membantu keluarnya tahanan dari balik jeruji besi Rutan Cipinang dengan mobil.

Dikabarkan Kepala Rumah Tahanan Kelas 1 (Karutan) Cipinang Jakarta Timur, Oga G Darmawan menyampaikan Muhammad Said yang berhasil kabur dalam perkara narkoba dan proses masih berjalan dipersidangan hingga putusan.

“Dia perkara narkoba. Masih sidang, belum inkrah,” singkat Oga, Minggu (9/12). (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *