oleh

Desa Sukamakmur Dorong Penerapan PAUD HI

Bogor, TribunAsia.com – Istilah PAUD boleh jadi sudah lazim di telinganya masyarakat, tetapi masyarakat belum tentu familiar dengan istilah PAUD HI (Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif). PAUD HI merupakan model PAUD terkini yang sedang gencar disosialisasikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dalam penerapan PAUD HI, Pemerintah Desa Sukamakmur turut berkomitmen mewujudkan PAUD HI di lingkungan mereka.
Secara Teori, PAUD HI merupakan model PAUD dengan dua konsep utama yakni menyeluruh (Holistik) dan terkoordinasi (Integratif). Menyeluruh maksudnya di PAUD anak tidak hanya belajar sambil bermain tetapi semua potensi kecerdasan dalam dirinya dibangkitkan khususnya kecerdasan motorik, sedangkan Integratif berkaitan dengan perlunya koordinasi antara PAUD dan lembaga terkait seperti Pemerintah Desa, Puskesmas, Posyandu, PKK dan tokoh masyarakat dalam rangka memajukan PAUD.
Saat sesi wawancara bersama TribunAsia.com, Sekretaris Desa Sukamakmur, Ahmad Sukirman, mengkonfirmasi agenda penetapan PAUD Holistik Integral yang sementara berlangsung di Sukamakmur.
“Disini sudah berjalan penerapan PAUD HI, misalnya tempatnya kita buat jadi satu atap dengan Posyandu dan Majelis Taklim” ucapnya, Jumat (14/12).
Koordinasi antara PAUD dan lembaga terkait juga gencar didorong.
“Kami berupaya memastikan PAUD mampu berkoordinasi dengan baik bersama lembaga di desa, misalnya Posyandu, PKK dan lain-lain” terangnya.
Pihaknya juga mengklaim pemerintah desa memberikan bantuan khusus kepada PAUD.
“Ada bantuan, seperti pembangunan sarana dan prasarana” pungkasnya.
Di tempat terpisah, gurus PAUD Mawar I yang merupakan salah satu PAUD di desa Sukamakmur mengeluhkan kesejahteraan pengajar PAUD.
“Disini susah cari pengajar mas, alasannya sih sibuk, tapi kendala utamanya sebenarnya karena mengajar di PAUD tidak dapat gaji dari pemerintah, gaji hanya berasal dari swadaya orang tua siswa, itupun jumlahnya sangat terbatas dan harus dibagi untuk kebutuhan lain di PAUD” jelasnya kepada Tribun Asia.com.
Dirinya berharap ke depan kesejahteraan tutor PAUD lebih dioerhatikn pemerintah, dalam penilaiannya guru PAUD memiliki peran penting dalam proses pembentukan karakter manusia sejak dini, manfaatnya telah terasa di masyarakat, terdapat perbedaan signifikan antara anak yang sekolah di PAUD dengan yang tidak, sehingga menurutnya sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk lebih memperhatikan kesejahteraan para tutor.(ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *