oleh

Stop Bunuh Kreatifitas Anak 

Bogor, TribunAsia.com – Usia satu hingga lima tahun merupakan periode emas bagi seorang anak, pada masa itu kecerdasan anak akan berkembang dengan pesat, syaratnya orang tua harus mengerti cara mendidik anak pada periode emas tersebut, salah satu yang terpenting orang tua tidak boleh membunuh Kreatifitas Anak.

Pembunuhan terhadap Kreatifitas anak ada beberapa macam, misalnya membatasi ruang gerak anak saat bermain, atau melakukan tindakan lainnya yang membuat kepercayaan dirinya anak menurun.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Jangan sekali-kali mengganggu apalagi sampai merusak kreatifitas anak, misalnya dengan membentaknya saat bermain hanya karena si anak dianggap ribut” ucap Syafila Andini, Praktisi Pendidikan Anak Usia Dini saat menjadi narasumber dalam dialog seputar pengembangan PAUD di Eat & Play Semplak Bogor, Sabtu (8/12).

“Ada bahaya besar bila kreatifitas anak dibunuh baik secara sadar atau tidak, konsekuensinya anak kehilangan masa emasnya untuk berkembang dari semua aspek, kehilangan masa emasnya untuk menjadi lebih cerdas dan terampil” sambungnya.

 

Peran orang tua dalam memanfaatkan periode emas anak sangat dibutuhkan, orang tua wajib mengerti metode mendidik anak di masa periode emas.

“Orang tua harus punya pengetahuan cukup tentang cara memanfaatkan dengan maksimal periode emas anak” pungkasnya.

Orang tua seharusnya banyak membaca buku parenting, bahkan dalam waktu tertentu mengikuti pelatihan parenting.

“Sebaiknya orang tua ikut kursus parenting, kalau tidak minimal baca buku terkait parenting” tukasnya. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *