oleh

Di Forum Pelatihan UNICEF, Peneliti Tegaskan Pentingnya Kejujuran dalam Riset

Jakarta-, TribunAsia.com – Riset merupakan pekerjaan akademik yang menuntut integritas tinggi, integritas utama dalam riset adalah kejujuran, penyimpangan data secara sengaja akan merusak wibawa dunia akademik.
Peneliti sekaligus konsultan pendidikan, Hendry Siyosu, dalam pelatihan riset Pendidikan Anak Usia Dini yang diselenggarakan UNICEF di Lantai 3 Eat & Play Semplak, Bogor, menekankan seorang peneliti harus mengambil data dari sumber utama.
“Peneliti harus mengambil data dari sumber utama, hal ini demi memastikan bahwa seorang peneliti berlaku jujur dalam proses pengambilan data” terangnya, Jumat (7/12).
Akan tetapi pihaknya juga memberikan ruang bagi peneliti untuk mengakses data dari sumber pendukung.
“Bila sumber utama tidak bisa diakses dengan cara apapun, maka boleh menggunakan sumber pendukung, namun perlu diingat kualitas sumber pendukung tidak boleh berbeda jauh dengan sumber utama” pungkasnya.
Pihaknya juga mengingatkan, bagi peneliti pemula agar memahami tema penelitian secara utuh sebelum turun lapangan.
“Harus paham tema penelitian agar tau apa yang mau disurvey dan ngerti apa yang bisa didapatkan dari survey tersebut” terangnya.
Secara ideal riset seharusnya mendatangkan perubahan di tengah masyarakat, tidak bisa terhenti sebagai referensi saja, itu yang sering terjadi di kampus, hasil penelitian para mahasiswa saat penyelesaian kuliah hanya menumpuk sebagai referensi di perpustakaan, implikasinya ke masyarakat tidak terasa.(ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *