oleh

Brigjen Tomsi Thohir Resmi Menjabat Kapolda Banten Usai Dilantik Kapolri

Jakarta, TribunAsia.com – Brigadir Jenderal (Brigjen) Tomsi Thohir resmi menggantikan Brigjen Teddy Minahasa Putra sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten. Brigjen Teddy Minahasa diketahui kini telah mengisi posisi baru sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Lampung.

Saat pelantikan, Kepala Kepolisian Negara Kesatuan Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian melantik Brigadir Jenderal Tomsi Tohir menjadi Kepala Kepolisian Daerah Banten. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Senin pagi, 26 November 2018.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Setelah membacakan surat telegram, Tito kemudian memandu sumpah jabatan kepada kedua Perwira tinggi Polri tersebut.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selalu pejabat kepolisian negara akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundanga dan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan kepada saya,” ujar Tomsi Thohir bersama Teddy Minahasa.

Dalam rotasi jabatan itu telah tertuang di dalam telegram rahasia Kapolri bernomor ST/2947/XI/KEP/2018 tertanggal 17 November 2018 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Eko Indra Heri. Sebelum menjabat Kapolda Banten, Brigjen Tomsi Thohir menjabat sebagai Karowassidik Bareskrim Polri. Pelantikan serah terima jabatan tersebut, nampak dihadiri oleh sejumlah Perwira tinggi dilingkungan Mabes Polri.

Lebih jauh, Brigjen Pol Tomsi merupakan putra daerah Lampung dan merupakan keluarga dari Kepaksian Sekala Brak. Hingga saat ini sudah ada dua jenderal yang berada di lingkungan Kerajaan Adat Kepaksiaan Sekala Brak Lampung.

Adapun, Brigjen Teddy akan menjabat Wakapolda Lampung, menggantikan Brigjen Angesta Romano Yoyol yang ditugaskan menjadi Karo RBP Srena Polri. Pengukuhan dan rotasi tugas Kapolda Banten seiring dengan naiknya tipologi Polda Banten dari tipe B menjadi tipe A. Dengan demikian, Brigjen Tomsi akan menerima kenaikan pangkat menjadi bintang dua dipundaknya atau Inspektur Jenderal (Irjen).

Selain Polda Lampung, tipologi Polda Daerah Istimewa Yogyakarta juga hal serupa dengan dinaikkan dari Tipe B ke Tipe A. Sesuai dengan Telegram Rahasia Kapolri, Kapolda DIY akan dijabat oleh Brigjen Ahmad Dofiri. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *