oleh

Ini Bahan Kimia Berbahaya dari Air Rebusan Pembalut Wanita

Jakarta, TribunAsia.com – Fenomena anak jalanan meminum air rebusan pembalut wanita untuk mendapatkan efek mabuk atau fly merupakan tindakan berbahaya. Sebab, dalam pembalut ada kandungan berbahaya bagi tubuh manusia.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB mengungkapkan, dari segi kesehatan tentu minum air rebusan pembalut merupakan hal berbahaya. Selain zat-zat kimia masuk ke dalam tubuh, pembalut yang terkontaminasi kuman dan bekas darah tentu akan berbahaya saat dikonsumsi.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Komponennya itu apa kan masih belum tahu, dari segi kesehatan itu kan darah ya (kalau misalnya ada), kebersihannya dipertanyakan. Lalu itu pusat kuman bisa sebabkan infeksi. Belum lagi gel yang mengandung zat kimia itu,” tegasnya.

Ahli endoskopi gastrointestinal itu menambahkan, pembalut mengandung klorin sehingga air rebusannya jika dikonsumsi akan sangat berbahaya bagi organ tubuh. Efeknya memang bisa menimbulkan kehilangan kesadaran.

“Efeknya apa? Kalau toksik misalnya bisa saja hilang kesadaran. Klorin atau zat kimia itu ada dua hal jika secara langsung misalnya bisa mengganggu lambung, dalam jangka pendek misalnya diare. Kena di usus, liver lalu diserap ginjal,” jelasnya. (GN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *