oleh

NSEAS : Proyek Meikarta Ancam LH Kabupaten Bekasi

Jakarta, TribunAsia.com – Pembangunan mega proyek Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mendapat sorotan tajam dari peneliti senior Network for South East Studies (NSEAS) Muchtar Effendi Harahap. Salah satu yang dikritisi Muchtar adalah dampak negatif pembangunan proyek kota baru tersebut terhadap lingkungan hidup. Ia memperkirakan Meikarta akan membuat semakin terancamnya kondisi lingkungan hidup baik kualitas air, tanah, biologis maupun udara.

“Proyek ini pasti akan mengubah bentang alam yang sangat luas, membutuhkan air dan energi yang cukup besar. Sehingga ke depan akan memberikan dampak sosial dan lingkungan yang besar bukan hanya bagi wilayah di Cikarang, tapi juga ke wilayah lainnya di Kabupaten Bekasi. Wilayah Cikarang Selatan, Cikarang Utara dan Cikarang Timur adalah wilayah rawan banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau,” kata Muchtar dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi TribunAsia.com.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Ia menambahkan, Meikarta juga memperbanyak sampah, penggunaan air bersih, energi listrik, tanah, beton-beton yang akan mengurangi resapan-resapan.

“Meskipun di daerah Meikarta ada situ, belum tentu bisa menampung resapan yang ada,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *