oleh

Guru SMP IT PPMI Shohawatul Is’ad Dapat Pelatihan Penguatan Inti Pembelajaran

Pangkep, TribunAsia.com Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren Modern Islam PPMI Shohwatul Is’ad mengadakan pelatihan pengembangan kompetensi guru dengan fokus pembahasan penguatan inti pembelajaran, Ahad (4/11/2018).

Menurut Kepala SDM PPMI Shohwatul Is’ad, Ust. Ady Mulya Azis mengungkapkan bahwa pelatihan merupakan program rutin yang diadakan di pondok untuk memacu percepatan kualitas guru dalam proses pembelajaran di kelas.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

“Kami senantiasa mengadakan program pelatihan untuk guru dan pegawai untuk memacu pengembangan kompetensi khususnya dalam hal ini adalah guru”, ujar Ust Ady.

Di lokasi yang sama, pemateri yang mengisi pelatihan pengembangan kompetensi guru PPMI Shohwatul Is’ad, Fahrawaty yang berprofesi sebagai Widyaswara dari LPMP Makassar menyampaikan dengan pelatihan yang berfokus pada penguatan inti pembelajaran adalah hal substantial dari keseluruhan proses pembelajaran.

“Pelatihan penguatan inti pembelajaran adalah sesuatu yang substansial, karena sebagai guru kita sering menghabiskan waktu pada pendahuluan pembelajaran bukaannya memperdalam inti pembelajaran”, ujar Fahrawaty.

Kegiatan inti pembelajaran merupakan proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar (KD). Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta member ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian peserta didik.

“Kegiatan inti pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik agar bisa belajar mandiri, berkreasi dan prakarsa, ujar Faheawaty.

“Untuk meningkatkan pembelajaran inti diperlukan kemampuan dan kreativitas guru dengan variasi model pembelajaran, dengan mengacu pada kurikulum tahun 2013, yakni problem based learning, project based learning, scientific based learning and discovery learning” pungkas Fahrawaty. (BIA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *