oleh

Elly Farida : Kota Depok Perlu Buat Sekolah Pernikahan

Depok, TribunAsia.com ­- Semakin majunya perkembangan Kota Depok, Jawa Barat menjadi metropolitan, kompleksitas masalah sosial semakin rumit. Kemajuan peradaban perekonomian makro menimbulkan anomali pada kualitas keluarga.

Tabiat individualistik semakin dominan, norma agama dan sosial tentang keluarga menjadi longgar. Juga, pergaulan laki dan perempuan menjadi bebas kepada percintaan yang berujung pada seks bebas dan perkawinan di usia dini. Hal ini terjadi di kalangan remaja yang bimbingan dan pengawasan orang tua yang abai.

Iklan 52 Khutbah Jum'at

Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida menekankan pentingnya membangun gerakan pendampingan anak-anak menjelang akil baliq karena banyak yang rapuh dan mengaku semua berawal dari keluarga.

Istrinya Wali Kota Depok Muhammad Idris ini mengungkapkan rencananya membangun sekolah pernikahan untuk membina dan mengajarkan calon suami atau istri dalam membentuk keluarga. Di sini dibagi pengetahuan dan ilmu tentang kerumahtanggaan, mendidik anak, persiapan moril dan meteril.

Sekolah pernikahan ini juga terinspirasi dari meningkatnya kasus-kasus siswi SMP dan SMA yang sudah hamil dan melahirkan. Sementara mereka belum siap menjalani tanggung jawab sebagai keluarga.

Hal lain yang memprihatinkan ialah mulai maraknya LGBT dan perilaku sodomi yang mengancam anak-anak.

“Kita harus bergerak bersama. Harus punya kesadaran dan tekat untuk membangun peradaban keluarga yang positif, yang kuat, yang bisa menjadi surga bagi anggota keluarga. Tantangan godaan negatif dari faktor luar sangat kuat. Pornografi, LGBT, amoralitas adalah musuh keluarga,” ujar Elly Farida.

Terkait ketahanan keluarga saat ini, Provinsi Jawa Barat menjadi yang pertama yang sudah memiliki Perda Ketahanan Keluarga.

“Kota Depok merupakan kota yang juga sudah memiliki Perda Peningkatan Ketahanan Keluarga (Perda no 9 tahun 2017) dan Perda Kota Ramah Anak,” tegasnya. (Hendrik Raseukiy)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *